KAMIS , 24 JANUARI 2019

Disdukcapil Beri Layanan Khusus Perekaman Data untuk Difabel

Reporter:

Lukman

Editor:

Kamis , 28 September 2017 19:30
Disdukcapil Beri Layanan Khusus Perekaman Data untuk Difabel

ILUSTRASI

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Masyarakat berkebutuhan khusus difabel atau disabilitas akan mendapatkan kemudahan dalam hal penyelenggaraan administrasi kependudukan. Hal itu menjadi kajian Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil-KB) Sulsel pada sosialisasi penyelenggaraan administrasi kependudukan khusus masyarakat disibilitas.

Diketahui, selama ini masyarakat difabel mengalami beberapa kendala dalam hal mendaftarkan dirinya untuk mendapatkan kartu identitas diri, bahkan sebagian besar belum memiliki dokumen kependudukan yang resmi.

Hal ini menjadi perhatian khusus bagi Disdukcapil-KB Sulsel. Apalagi setiap penduduk memiliki kesamaan hak dalam pelayanan administrasi kependudukan.

Seperti yang diungkapkan Kepala Disdukcapil-KB Sulsel, Lutfi Nasir bahwa selama ini masyarakat difabel masih termarginalkan. Untuk itu pihaknya berupaya meningkatkan pelayanan perekaman dan penyediaan dokumen kependudukan bagi kaum difabel.

Terlebih berdasarkan Undang-undang No 24 tahun 2011 tentang administrasi kependudukan, pemerintah sebagai pelaksana harus aktif dalam pelaksanaan administrasi kependudukan.

“Diperlukan inovasi terkait pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat difabel/disabilitas dengan berkoordinasi OPD terkait seperti Dinas Sosial, Rumah Sakit Jiwa dan Dinas Kesehatan,” katany usai menghadiri sosialisasi perekaman data penduduk bagi masyarakat difabel di Hotel Quality, Kamis (28/9). (*)


div>