SENIN , 24 SEPTEMBER 2018

Disdukcapil Daerah Butuh DAK Fisik

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Jumat , 23 Juni 2017 12:00
Disdukcapil Daerah Butuh DAK Fisik

Kepala Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdukcapil PPKB) Sulsel, Lutfie Nasir. Foto:Ashar/RakyatSulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kepala Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdukcapil PPKB) Sulsel, Lutfie Nasir mengatakan Disdukcapil di tingkat kabupaten/kota membutuhkan alokasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik.

“Juknisnya yang turun di kabupaten/kota itu bentuknya dana DAK non fisik, padahal di kabupaten/kota itu yang dibutuhkan adalah DAK fisik,” kata Lutfie, Kamis (22/6).
Contohnya, kata dia, Disdukcapil kabupaten/kota membutuhkan mobil keliling dalam rangka kunjungan pendaftaran penduduk untuk mengefektifkan dan mengefisienkan proses perekaman data penduduk.

“Sayangnya ini tidak diperbolehkan dalam juknis karena membutuhkan pengadaan fisik,” kata dia.

Contoh lain, Disdukcapil Kabupaten/Kota membutuhkan fasilitas pemeliharaan dokumen pencatatan sipil seperti lemari arsip. “Pemeliharaan dokumenĀ  pencatatan sipil itu wajib, karena merupakan catatan negara berbeda dengan data kependudukan yang bisa menjadi sampah administrasi,” jelasnya.

Untuk itu, kata dia, pihaknya telah mengusulkan dalam penyusunan DAK, agar dana DAK bisa digunakan untuk pengadaan yang bersifat fisik.

“Kita berharap Dana DAK di APBD 2018, sudah dapat digunakan untuk pengadaan fisik di Disdukcapil kabupaten/kota,” pungkasnya.


div>