KAMIS , 20 SEPTEMBER 2018

Disdukcapil Gowa Siapkan Suket Kolektif Pemilih Pemula

Reporter:

Muchtar Suma

Editor:

asharabdullah

Selasa , 05 Juni 2018 14:45
Disdukcapil Gowa Siapkan Suket Kolektif Pemilih Pemula

Kepala Disdukcapil Gowa, H Ambo. Foto: Muchtar/RakyatSulsel

GOWA, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gowa terus bekerja keras dalam memenuhi administrasi kependudukan bagi masyarakat.
Kepala Disdukcapil Gowa, H Ambo mengatakan, pihaknya melayani pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) bagi tiga komponen masyarakat.

“Saya menjelaskan bahwa warga wajib e-KTP kita bagi tiga kategori, yakni berusia 17 tahun ke atas, pernah menikah serta pindah datang ke Gowa. Masyarakat punya hak konstitusi untuk menggunakan hak pilih, dan Dukcapil hanya pejabat adminstrasi. Semua warga wajib KTP di Gowa sudah terpenuhi dan surat keterangan (Suket) untuk pemula juga sudah siap,” ujar Ambo di ruang kerjanya, Selasa (5/6) kemarin.

Mantan Kabag Hukum Pemkab Gowa ini menambahkan, khusus bagi pemilih pemula disiapkan Suket secara kolektif.

“Pemula yang ada namanya di Daftar Pemilih Tetap (DPT) dibuatkan Suket kolektif sesuai perintah KPU dan saat ini KTP juga sementara berproses jadi kami himbau masyarakat wajib KTP yang belum merekam segera lakukan perekaman dan yang sudah silahkan datang ambil di Dukcapil atau kantor camat masing-masing baik yang offline dan online sudah didistribusi,” jelasnya.

Dengan kesiapan KTP dan Suket akan mendorong peningkatan angka partisipasi pemilih di Gowa pada Pilkada Sulsel 27 Juni mendatang. (*)


div>