SELASA , 12 DESEMBER 2017

Disdukcapil Jajaki Program Akta Online

Reporter:

Armansyah

Editor:

Muh Sophian AS

Rabu , 22 November 2017 23:08
Disdukcapil Jajaki Program Akta Online

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar, Nielma Palamba.

MAKASSAR,RAKYATSULSEL.COM – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar bakal memiliki gedung baru untuk menunjang kinerja pegawai dan pelayanan terhadap masyarakat. Pembangunan Gedung baru tersebut direncanakan tahun 2018 mendatang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar, Nielma Palamba mengatakan bahwa Kantor Dinas yang dimilikinya sekarang sudah tidak representatif lagi untuk menyelenggarakan pelayanan publik, pasalnya Kantor tersebut sempit dan jauh dari jangkauan masyarakat serta tidak strategis. “Pertama sempit, sementara setiap hari kita melayani masyarakat kurang lebih 500, dan kami sudah sampaikan kepada pak wali, katanya tahun depan kami akan dibangunkan gedung yang baru,” ucap Nielma, Rabu (22/11)

Selain itu, Terkait Perekaman KTP-el, Nielma mengatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya melakukan pelayanan tersebut, olehnya itu untuk meminimalisir terjadinya lonjakan permintaan perekaman pihaknya membuka pelayanan di hari Libur melalui kegiatan Kupas Tas.”Kenapa kita pilih hari sabtu? karena warga libur sehingga warga bisa memanfaatkan untuk mengurus perekaman KTP-el, sehingga seluruh kecamatan se Kota Makassar membuka layanan setiap hari sabtu,” ucap Nielma

Lanjut Nielma Palamba, pelayanan perekaman KTP-el kepada masyarakat tidak memiliki batas waktu bahkan kalau bisa pelayanan diberikan sampai semua warga melakukan perekaman. “Selain setiap kecamatan membuka pelayanan perekaman KTP-el setiap hari sabtu, juga Disdukcapil Kota Makassar sendiri turun langsung mengunjungi tiap kecamatan setiap hari sabtu, seperti, pekan lalu kami telah mengunjungi Kecamatan Barombong dan minggu ini kami akan mengunjungi Kecamatan Maradekaya,” ungkap Nielma

Selain Pelayanan Kupas Tas, Nielma palamba juga merencanakan bakal melakukan pelayanan akta kelahiran secara online dan bekerja sama dengan UNICEF. “Kami sudah bicarakan dengan Kementerian terkait dengan pelayanan pembuatan akta kelahiran secara online, dan ini sudah dilengkapi dengan aplikasi dan ini sudah bisa dijangkau seluruh masyarakat kota Makassar, termasuk masyarakat yang berada di pulau. Insya allah tahun depan bisa diberlakukan Akta Online ini,” ujar Nielma. (*)


div>