RABU , 13 DESEMBER 2017

Diserang Penyakit Aneh, 11 Warga Papua Meninggal

Reporter:

Editor:

Sofyan Basri

Senin , 23 Oktober 2017 21:34
Diserang Penyakit Aneh, 11 Warga Papua Meninggal

ilustrasi

PAPUA, RAKYATSULSEL.COM – Sejak awal hingga pertengahan bulan Oktober ini, 11 warga dari Distrik Samenage, Kabupaten Yahukimo, dikabarkan meninggal secara misterius. Mereka yang meninggal ini mengalami gejala rambut rontok, badan bengkak, dan kulit terkelupas.

Ironisnya sampai saat ini tidak ada petugas medis dari pemerintah daerah yang melakukan diagnosa terhadap berbagai gejala penyakit yang menyerang masyarakat disana.

Pastor Paroki Hepuba John Djonga Pr bersama masyarakat Yahukimo saat jumpa pers di Wamena, Rabu (18/10) lalu mengatakan, sebelumnya telah dikirim kader kesehatan gereja untuk memberikan pertolongan bagi 11 orang tersebut.

Namun karena diagnosis pasti tidak diketahui, sehingga belasan warga itu tidak dapat tertolong dan meninggal dunia berturut-turut dengan gejala yang sama.

“Mulai dari Mei sampai sekarang sudah lebih dari 40, hampir 50 orang yang meninggal, karena data terakhir dalam bulan Oktober ada tambahan 11 orang. Dalam bulan Oktober ini baru kemarin pemerintah mengutus seorang dokter yang sudah berangkat kemarin. Saya tidak tahu apakah satu dokter ini mampu melayani warga sembilan desa di sana atau tidak,” kata Jhon Djonga sebagimana dilansir dari Cenderawasih Pos (Jawa Pos Group).

Berdasarkan informasi dari kader kesehatan yang ditempatkan pihak gereja Katolik di Samenage, lanjut Pastor John, sebelum meninggal, masyarakat mengalami gejala-gejala diagnosis yang tidak diketahui secara pasti oleh kader yang ditempatkan di sana.

Selain itu, kata dia, warga disana juga mengeluhkan tidak adanya petugas kesehatan dari pemerintah sehingga sulit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.


div>