SELASA , 13 NOVEMBER 2018

Dishub Bakal Sidak Amdal Lalin

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 14 April 2018 10:00
Dishub Bakal Sidak Amdal Lalin

Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, Muh Mario Said. foto: net

* Sasar Tempat Usaha di Pinggir Jalan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Persoalan kemacetan di Kota Makassar seakan tak ada habisnya. Kemacetan yang terjadi kerap disebabkan oleh tempat usaha yang tidak menyiapkan lahan parkir yang cukup untuk pengunjungnya.

Olehnya itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar bakal menyisir tempat usaha yang tidak memiliki Analisis Dampak Lingkungan Lalu Lintas (Amdal Lalin).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar, Mario Said mengatakan bahwa tempat usaha yang beroperasi harus memiliki lahan parkir untuk menghindari kemacetan. Fungsi dari Amdal Lalin ini hal yang penting pasalnya kemacetan yang timbul lantaran tempat usaha banyak yang tidak memiliki ruang parkir.

Mario berharap semua tempat usaha harus memiliki satuan ruang parkir sesuai kebutuhan usaha masing-masing. “Sebagian besar tempat usaha tidak memiliki Amdal Lalin, olehnya itu kita akan inspeksi Amdal Lalin ini selain itu juga memberikan pemahaman aturan Amdal Lalin kepada pelaku usaha,” ucap Mario Said, Kamis (12/4) lalu.

Ia mengatakan bahwa pihaknya intens melakukan evaluasi terhadap tempat usaha, khususnya lahan parkir dan Amdal yang sudah tidak sesuai kebutuhan parkir, pasalnya Amdal Lalin memiliki masa aktif yang telah ditentukan.

“Memang ada masanya untuk dilakukan evaluasi terhadap usahanya. Misalnya satu tahun terhadap perkembangan usahanya, jika misalnya tidak sesuai lahan parkir maka kita buatkan rekomendasi yang kiranya harus dipernuhi kembali,” terang Mario Said.

Ia menambahkan, Amdal Lalin harus dimiliki oleh pelaku usaha sebelum membangun tempat usaha karena hal itu sudah ada dalam regulasi. “Sebenarnya sebelum dibangun harus ada Amdal Lalin tapi kalau sudah terjadi akan dilakukan kajian dan mereka harus meminta kajian,” ucap Mario Said.

Sementara itu, Kepala PM PTSP Makassar, Andi Bukhti Jufri mengatakan bahwa pihaknya telah mewajibkan seluruh pelaku usaha untuk memasukkan rekomendasi Izin Amdal Lalin dari Dishub untuk mendapatkan Izin Usaha.

“Kalau hotel, rumah makan, cafe resto dan usaha yang bisa menimbulkan kemacetan, itu wajib disertakan (Izin Amdal Lalin) untuk mendapatkan izin usaha,” kata Bukhti. (*)


div>