MINGGU , 18 NOVEMBER 2018

Dishub Dapat Bantuan Bus Sekolah

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Rabu , 30 Mei 2018 10:30
Dishub Dapat Bantuan Bus Sekolah

Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, Muh Mario Said. foto: net

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar bakal mendapat bantuan angkutan kendaraan umum berupa bus untuk anak sekolah dari Kementerian Perhubungan.

Hal tersebut diakui Kepala Dishub Kota Makassar, Mario Said mengatakan bahwa pemerintah pusat (Kemenhub) memang telah menjanjikan bantuan kendaraan angkutan umum, yakni bus yang diperuntukkan bagi anak sekolah.

“Kita kemarin sudah ketemu Dirjen Perhubungan Darat, kita singgung soal transportasi untuk anak sekolah, Alhamdulillah pak Dirjen merespon. Insya Allah kalau bukan tahun ini pengadaannya, mungkin tahun depan,” jelas Mario Said, Selasa (29/5).

Ia mengatakan bahwa, pihaknya belum mengetahui secara pasti berapa jumlah total bantuan yang akan diberikan khusus ke Pemkot Makassar. Kendati demikian, pihaknya memasukkan permintaan sebanyak 10 unit bus sekolah.

“Kita punya mobil (bus sekolah) sudah usang, Pak Dirjen merespon baik. Kita usulkan 10 unit, tapi tergantung kementerian berapa yang bisa dibantukan. Soal intesif (gaji) dan driver itu kita yang tanggung melalui APBD,” ucap Mario Said.

Selain itu, tambah Mario, pemerintah pusat juga bakal membantu dalam penanganan traffic Light yakni Area Traffic Control System (ACTS), yang dinilai perlu perhatian lebih sebagai salah satu kota besar di Indonesia.
“Beliau (Dirjen Perhubungan Darat) berjanji dan menyampaikan ke seluruh staf untuk memperhatikan kota Makassar. Untuk passikola, kita masih kerjasama dengan UNDP, karena belum semua driver kita cover biaya operasionalnya, itupun baru empat orang kita cover” lanjut Mario.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Moda Trasportasi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar, Jasman Launtu mengatakan, bahwa armada Pete-Pete Pasikola hadir sesuai dengan kebutuhan warga Kota Makassar saat ini, walaupun jumlah Armada Pete-Pete Pasikola yang disediakan saat ini hanya 10 unit, tapi animo masyarakat tinggi sekali.

“Armada pete-pete Pasikola untuk saat ini biaya transportasi masih subsidi dari UNDP melalui Yayasan BaKTI, dan ini salah satu alasan masyarakat menyambut kehadiran Armada pete-pete Pasikola,” ucap Jasman.

Jasman juga mengaku mendapat informasi melalui pimpinannya, jika armada pete-pete Pasikola tersebut tahun ini akan ditambah dari 10 unit menjadi 20 unit.

“Menurut informasi dari pimpinan bahwa pete-pete Pasikola ini akan ditambah oleh Pemerintah Kota Makassar sebanyak 10 unit lagi untuk tahun 2018,” beber Jasman.

Pete-pete Pasikola ini masih tahap uji coba lanjut Jasman, walaupun perjalanan cukup pendek ini bisa dikatakan memiliki progres yang luar biasa, karena baru-baru ini Pemerintah Taiwan mengumumkan armada pete-pete Pasikola mendapat penghargaan terkait Smart City. (*)


div>