MINGGU , 18 NOVEMBER 2018

Dishub Makassar Canankan Kawasan Tertib Lalu Lintas

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Jumat , 14 April 2017 12:06
Dishub Makassar Canankan Kawasan Tertib Lalu Lintas

Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, Mario Said. foto: suryadi maswatu/rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar akan mencanangkan Kawasan Tertib Lalu Lintas (KWL) di Kota Makassar menjadi percontohan tertib lalu lintas tahun 2017 ini.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, Mario Said, mengatakan, KTL di wilayah Kota Makassar sangatlah penting, bertujuan untuk mewujudkan lalu lintas yang tertib, lancar aman, dan teratur.

“Untuk mengurai kemacetan, Dishub akan canankan kawasan tertib lalu lintas. Saat ini tahap koordinasi dengan beberapa instansi dan stake holder,” kata Mario saat ujian Diklatpim berjudul ‘Makassar Tertib Lalulintas’ di LAN Makassar, Jumat (14/4).

Dijelaskan, kawasan yang akan dijadikan KTL adalah sepanjang Jl AP Pettarani hingga Jl Hertasning. Dimana di jalan protokol tersebut nantinya akan menjadi percontohan bagi jalan lain.

Waktu yang ditargetkan, katanya, bulan Juni mendatang karena payung hukum KTL saat ini masih dalam proses dengan melibatkan semua pihak terkait yaitu, kepolisian, TNI, Satpol, dan pihak provinsi yang menangani jalan nasional.

“KTL untuk mendidik masyarakat berlalulintas dengan baik dan benar yang didalamnya dilaksanakan kegiatan pengaturan dan pengendalian lalulintas yang aman, tertib dan lancar. Artinya, kenderaan roda dua depan dan roda empat di belakang,” terangnya.

Mario menambahkan, program tersebut tidak akan berjalan dengan baik, tanpa adanya dukungan dari semua pihak, baik dari masyarakat maupun petugas itu sendiri, termasuk sarana dan prasarana jalan dalam kawasan tertib lalu lintas.

“Perlu sekolah dan kampus dilibatkan kerja sama. Inilah kita berdayakan untuk mahasiswa. Masalah kemacetan tak sepenuhnya pemerintah. Namun, ada gerakan bersama,” jelasnya.

 


div>