RABU , 20 JUNI 2018

Dishub Sulsel Ingatkan Taksi Online Ikuti Aturan

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Rabu , 31 Mei 2017 13:07
Dishub Sulsel Ingatkan Taksi Online Ikuti Aturan

Ilustrasi

MAKASSAR, RakyatSulsel.com – Setelah memberi batas waktu selama tiga bulan pasca penetapan Peraturan Menteri Perhubungan nomor 26 tahun 2017, perusahaan penyedia jasa taksi online wajib memenuhi persyaratan yang diberlakukan per 1 Juni.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan, Ilyas Iskandar meminta agar pengemudi taksi online yang belum memenuhi persyaratan agar dapat segera dilengkapi, mengingat penerapannya pada Juni mulai diberlakukan.

“Sejauh ini sosialiasi terus dilakukan, bahkan sudah ada yang membentuk koperasi, baik melalui Driver Online Makassar, perusahaan langsung, atau Induk Koperasi Kepolisian (Inkopol),” kata Ilyas, di Kantor Gubernur, Selasa (30/5).

Namun, ia mengakui jika aturan ini masih baru sehingga masih banyak kekurangan yang terjadi. “Yang jelas tanggal 2 Juni akan dilakukan penindakan, jika ada ditemukan kendaraan yang tidak memenuhi persyaratan,” ujarnya

Menurutnya, kalau ada kedapatan akan ditegur. Dan jika kemudian ada lagi didapatkan maka pihaknya tidak segan memberikan sanksi kepada kendaraan online tersebut. Karena inikan sudah melanggar, terutama dalam kesepakatan yang ada.

Sementara itu, mengenai kuota, tarif serta stiker yang akan digunakan sebagai penanda  kendaraan taksi online, Ilyas menyebutkan khusus kuota sesuai arahan dari pemerintah pusat harus 50:50, baik untuk taksi online dan taksi konvensional.

“Awalnya, kami ingin memberikan kuota 500 unit saja, tapi melihat animo pengunjung maka akan diberikan sekitar 1000 unit, sedangkan masalah tarif dan stiker semua ditentukan oleh pemerintah pusat, dalam satu dua hari sedang kami tunggu,” paparnya.

[NEXT-RASUL]

Sebelumnya, Ilyas menyebutkan, dari data yang diperoleh untuk Grab di Makassar ada 1.500 unit yang terdaftar tapi tidak semua beroperasi. Kalau memang ditambah dengan kuota yang sudah terisi 1.600 unit.

Saat ini untuk kuota taksi yang bisa beroperasi di wilayah atau kawasan Makassar, Maros, Sungguminasa dan Takalar (Mamminasata), sebanyak 3.500 unit.

“Ini berdasarkan survei yang dilakukan. Sekarang dari data yang ada, jumlah taksi yang beroperasi di Makassar saja jumlahnya sekitar 1.600 unit. Artinya masih ada kuota yang tersisa 1.900 unit,” jelasnya. (ash/C)


Tag
  • Taksi Online
  •  
    div>