SELASA , 21 AGUSTUS 2018

Disiapkan Layani Rute Benteng-Makassar, KMP Dharma Kartika III Uji Gerak di Pelabuhan Benteng

Reporter:

Editor:

Muhammad Alief

Jumat , 03 Agustus 2018 18:34
Disiapkan Layani Rute Benteng-Makassar, KMP Dharma Kartika III Uji Gerak di Pelabuhan Benteng

Kadishub Selayar, Drs Andi Baso, bersama Wakil Kepala Syahbandar Drs Syamsul Alam, Dirut PD Berdikari Jonny Hidayah, Manajer Cabang Dharma Kartika III Budiono, saat meninjau langsung uji gerak KMP Dharma Kartika III, yang akan melayani pelayaran Benteng-Makassar

KEPULAUAN SELAYAR, RAKYATSULSEL.COM – Pasca Karamnya KM.Lestari Maju, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar yang terus mengupayakan pemenuhan kebutuhan pelayaran masyarakat dari dan menuju Kabupaten Kepulauan Selayar, tampaknya menuai hasil positif. Pasalnya, Kapal jenis Roro (Ferry) milik Perusahaan Swasta PT Dharma Lautan Utama, langsung tertarik dan mengerahkan KMP Dharma Kartika III, untuk menggelar uji gerak di Pelabuhan Benteng Selayar, Jumat (3/8).

Bahkan, KMP Dharma Kartika III ini dipersiapkan untuk melayani rute pelayaran Pelabuhan Benteng Selayar – Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, dengan perkiraan durasi waktu tempuh kurang lebih 10 jam.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Drs Andi Baso, Wakil Kepala Syahbandar Drs Syamsul Alam, Dirut PD Berdikari Jonny Hidayah, Manajer Cabang Dharma Kartika III Budiono, Staf Syahbandar, Anggota Sat Polair dan masyarakat sekitar.

Hal tersebut disampaikan Manajer Cabang PT Dharma Lautan Utama, Budiono, yang mengungkapkan bahwa uji coba ini dilakukan untuk mempersiapkan KMP Dharma Kartika III, untuk melayani Rute Pelabuhan Benteng Selayar-Makassar.

” Ya kita uji coba dulu, untuk mengetahui apa yang perlu dibenahi dan selanjutnya kita akan komunikasikan dan koordinasikan dengan pemerintah Selayar. Jika terpenuhi barulah kita menempuh langkah-langkah selanjutnya, sesuai dengan regulasi pelayaran dan hal-hal lain yang dibutuhkan,” kata Budiono.

Berdasarkan hasil uji gerak yang dilakukan, Muallim I KMP Dharma Kartika III, Nurul Huda menjelaskan, bahwa masih ada kendala pada bibir jembatan pelabuhan untuk sandaran run door, selain itu juga masih membutuhkan perluasan area gerak kendaraan khususnya untuk truk.

Sementara Direktur PD Berdikari, Jonny Hidayah, sebagai pihak yang membangun komunikasi kepada pemilik kapal untuk kemungkinan melayani pelayaran di Selayar menjelaskan, bahwa perusahaan ini adalah perusahaan swasta yang sebagian besar armadanya melayani Rute Merak – Bekahuni.

“Kebetulan saya kenal pemilik kapal, tentunya kita berharap ini dapat segera beroperasi di Selayar. Jika KMP Dharma Lautan III dapat melayani Makassar – Selayar, waktu tempuh yang diperlukan sekitar 10 jam. Ini akan menjadi alternatif bagi penumpang maupun mobil barang, karena tidak harus lagi menempuh jalur darat yang sangat jauh. Yang pasti kita akan terus komunikasikan agar nantinya baik penumpang ataupun mobil barang dapat lebih hemat dalam biaya operasional,” terang Jonny.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Selayar, Andi Baso, usai meninjau langsung uji gerak, keadaan fisik dan fasilitas yang dimiliki oleh kapal mulai dari ruang kendaraan, kelas ekonomi, kelas VIP, anjungan kapal dan kamar mesin, menilai bahwa secara fisik kapal tersebut sangat bagus termasuk fasilitasnya.

“Secara fisik kelihatan cukup bagus, fasilitasnya juga cukup memadai. Kita belum berbicara tentang masalah perizinan dan seterusnya, yang pasti Pemkab Kepulauan Selayar welcome, tentunya sesuai dengan aturan yang ada,” katanya.

Andi Baso berharap, agar KMP Dharma Lautan III ini dapat segera beroperasi di Selayar, karena menurutnya jika kapal ini telah beroperasi, akan berpengaruh terhadap kepadatan penumpang di Pamatata-Bira dan menjadi alternatif rute pelayaran Selayar-Makassar. (*)


div>