SENIN , 24 SEPTEMBER 2018

Diskes Himbau Warga Kenali Gejala Kusta

Reporter:

Editor:

Niar

Rabu , 03 Mei 2017 18:12
Diskes Himbau Warga Kenali Gejala Kusta

Kepala Dinas Kesehatan Kota Parepare, Muh. Yamin.

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kota melalui Dinas Kesehatan (Diskes), menghimbau masyarakat Parepare​ secara umum, untuk menghindari dan mengetahui gejala penyakit kusta, yang merupakan salah satu penyakit yang ditimbulkan oleh kuman atau bakteri.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Lingkungan, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Diskes Parepare, Kasmawati Mahmuddin, mengatakan, faktor penyebab timbulnya penyakit kusta pada diri seseorang yaitu, bakteri Mycobacterium Leprae sejenis bakteri yang tumbuh dengan lambat.

Dia menerangkan, kuman Mycobacterium Leprae dapat menular kepada seseorang melalui kontak langsung dengan penderita. Selain itu, kata dia, juga melalui pernapasan, kemudian kuman membelah dalam jangka 14 hingga 21 hari, dengan masa inkubasi rata-rata dua hingga lima tahun.

Selain itu, lanjutnya, karena faktor kebersihan lingkungan. Meskipun, kata dia, masyarakat merasa telah menjaga lingkungan, kusta bisa saja menyerang jika tingkat imunitas dalam tubuh seseorang lemah atau rendah.

“Untuk meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh, sangat dianjurkan mengonsumsi vitamin. Namun, yang terpenting menjaga kebersihan supaya jangan terlihat kumuh yang bisa menjadi sarang bakteri, dan akhirnya menginfeksi ke dalam tubuh,” katanya.

Sementara, Kepala Diskes Parepare, Muh. Yamin, menjelaskan, beberapa ciri-ciri atau tanda seseorang memiliki gejala kusta yaitu, adanya sejumlah bintil-bintil merah pada kulit tubuh. Selain itu, kata dia, adanya bercak tipis seperti panu pada tubuh, bercak putih yang terus bertambah, melebar dan bertambah banyak.

Lanjut Yamin, terjadinya pelebaran syaraf ulnaris, medianus, aulicularis magnu, dan peroneus, serta kelenjar keringat mengalami penurunan fungsi kerja, yang mengakibatkan kulit menjadi tipis dan mengkilat.

“Pemeriksaan untuk mencegah atau konsultasi seputar kusta, bisa dilakukan disetiap Puskesmas yang di Parepare. Karena setiap Puskesmas memiliki unit yang menangani penyakit kusta,” jelasnya. (luk)


Tag
div>