SENIN , 21 MEI 2018

Diskes Himbau Warga Periksa Ginjal Secara Rutin

Reporter:

Editor:

Niar

Kamis , 04 Mei 2017 14:48
Diskes Himbau Warga Periksa Ginjal Secara Rutin

Kepala Dinas Kesehatan Kota Parepare, Muh. Yamin.

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Kepala Dinas Kesehatan Kota Parepare, Muh. Yamin, menghimbau masyarakat Parepare untuk melakukan pemeriksaan ginjal secara rutin. Karena, kata dia, ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang harus mendapat perhatian khusus, karena memiliki fungsi penting dalam tubuh.

“Gagal ginjal dapat dicegah sejak dini sebelum terlambat. Oleh karena itu, lakukan pemeriksaan rutin termasuk urin dan darah, atau paling tidak lakukan pemeriksaan gangguan ginjal seperti kencing batu dan prostat,” katanya.

Dia menjelaskan, gagal ginjal dapat dicegah dengan melakukan pola hidup yang sehat, olahraga teratur, perbanyak minum air putih, dan menghindari makanan berlemak yang dapat menyebabkan kandungan kolesterol dalam darah meningkat.

Dia mengemukakan, penyakit ginjal dapat terjadi karena adanya gangguan pada sistem penyaringan organ ginjal. Di mana, katanya, ginjal sudah tidak berfungsi sebagai organ penyaring racun dalam tubuh, sehingga terjadi penumpukan racun pada glomerolus, yang mengakibatkan kerusakan pada ginjal.

“Tidak ada kata terlambat, semua masih bisa diatasi jika diperhatikan sejak awal. Apalagi, ginjal bisa dialami oleh siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa,” jelasnya. (luk)


Tag
div>