SENIN , 21 MEI 2018

Diskes Minta Warga Rutin Periksa PTM di Posbindu

Reporter:

Editor:

Niar

Senin , 22 Mei 2017 17:48
Diskes Minta Warga Rutin Periksa PTM di Posbindu

Pengelola Penyakit Tim Menular (PTM) Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Parepare, Apriyanti.

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Pengelola Penyakit Tim Menular (PTM) Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Parepare,
Apriyanti, menghimbau masyarakat yang berusia 15 tahun ke atas, untuk melakukan pemeriksaan kesehatan PTM secara rutin, di Pos Binaan Terpadu (Posbindu) di wilayah masing-masing.

Dia menjelaskan, Posbindu telah dibentuk pada 22 Kelurahan yang ada di Parepare, dan disiapkan tiga hingga lima kader yang didampingi dengan tenaga pendamping dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Hal tersebut, kata dia, sumber daya yang diberikan kepada masyarakat, untuk memeriksakan diri, dan mendeteksi faktor faktor resiko terjadinya PTM.

“Adapun yang menyebabkan timbulnya PTM di antaranya, rokok, miras, pola makan tidak sehat, kurang aktivitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi, hiperkolesterol, dan gula darah,” jelasnya, Senin (22/05/2017).

Dia memaparkan, beberapa faktor resiko PTM yang utama di antaranya, diabetes melitus, kanker, penyakit jantung, pembuluh darah, penyakit paru obstruktif kronis, dan gangguan akibat kecelakaan maupun tindak kekerasan.

Sementara, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Diskes Parepare, Sriyanti Ambar, mengemukakan, masyarakat lebih aktif untuk mendatangi Posbindu di masing-masing. Karena, katanya, ada pemeriksaan dilakukan setiap bulannya.

“Jadi, pemeriksaan dijadwalkan oleh Posbindu, yang berkoordinasi dengan Puskesmas. Kader juga sudah kami latih dalam mengukur faktor resiko,” tandasnya. (luk)


Tag
div>