SELASA , 13 NOVEMBER 2018

Diskes Parepare Himbau Orang Tua Kenali Gejala Kanker Anak

Reporter:

Editor:

Niar

Jumat , 24 Maret 2017 14:23
Diskes Parepare Himbau Orang Tua Kenali Gejala Kanker Anak

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Parepare, Sriyanti Ambar.

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Parepare, menghimbau masyarakat khususnya para orang tua yang memiliki anak, untuk mewaspadai dan mengenali penyakit kanker pada anak sejak dini. Hal tersebut, diungkapkan Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Diskes Parepare, Sriyanti Ambar.

Dia mengatakan, beberapa faktor gejala kanker pada anak yaitu, pucat, memar atau pendarahan, dan nyeri tulang pada anak. Selain itu, kata dia, terlihat benjolan atau pembengkakan yang tidak nyeri dan tanpa demam, atau adanya tanda-tanda infeksi yang lain.

Dia memaparkan, gejala lainnya yaitu penurunan berat badan atau demam tanpa sebab yang jelas, batuk yang menetap atau sesak nafas, dan berkeringat pada malam itu. Selain itu, lanjutnya, adanya perubahan-perubahan yang terjadi pada mata. “Seperti terlihatnya manik putih, juling, hilangnya penglihatan, dan memar atau bengkak pada sekitar mata, dan perut membuncit,” katanya, Jum’at (24/03/2017).

Lebih jauh Sriyanti memaparkan, gejala lainnya yaitu, sakit kepala yang menetap atau berat dan muntah yang biasa terjadi pada pagi hari, atau dapat memburuk dari hari ke hari. Juga, tambahnya, nyeri pada tangan, kaki, atau tulang dan bengkak tanpa riwayat trauma dan infeksi.

Terpisah, Kepala Diskes Parepare, Muh. Yamin, menjelaskan, jika ditemukan gejala-gejala tersebut, segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas) dan fasilitas kesehatan lainnya.

“Jika ditemukan pada stadium awal, kemungkinan untuk sembuh masih lebih besar, daripada ditangani jika sudah memasuki stadium lanjut,” himbaunya. (Luki)


Tag
div>