RABU , 26 SEPTEMBER 2018

Diskes Parepare Jamin Ketersediaan Obat untuk Puksesmas

Reporter:

Editor:

Niar

Kamis , 13 April 2017 16:16
Diskes Parepare Jamin Ketersediaan Obat untuk Puksesmas

Suasana ruang pelayanan di Kantor Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Parepare.

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Parepare melalui instalasi farmasi, menjamin ketersediaan obat, untuk pelayanan dasar pada enam Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kota Parepare. Hal tersebut, dilakukan sebagai bentuk kepedulian pemerintah, dalam menjamin pelayanan dasar masyarakat di bidang kesehatan.

Kepala Seksi Sumber Daya Kesehatan Diskes Parepare, Suhiddin, mengatakan, pelayanan dasar khususnya obat-obatan untuk Puskesmas, disediakan dan menjadi tanggungjawab Diskes Parepare. Sejauh ini, kata dia, pihaknya menyediakan lebih 100 item obat untuk memenuhi kebutuhan obat di Puskesmas.

“Secara kuantitasnya selalu terpenuhi, namun kadang ada yang kosong atau jumlahnya berkurang, baik di Puskesmas maupun di gudang farmasi. Itupun, ketika pengadaan belum dimulai,” katanya, Kamis (13/04/2017).

Suhiddin yang juga Penanggung Jawab Instalasi Farmasi Diskes Parepare, menjelaskan, ada 10 jenis penyakit terbanyak di Indonesia yang diderita masyarakat termasuk di Parepare yaitu, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan myalgia (nyeri otot). Adapun jenis obat yang paling banyak digunakan, katanya, yaitu Amoxixilin dan Paracetamol.

Sementara, Kepala Diskes Parepare, Muh. Yamin, mengemukakan, setiap Puskesmas menyerahkan Laporan Pemakaian dan Lembar Permintaan Obat (LPLPO), pada awal pekan setiap bulannya. Hal itu, jelasnya, untuk melaporkan jumlah obat bulan sebelumnya seperti, pemakaian, pengunaan, permintaan, dan stok obat yang tersedia maupun kosong.

“Kami juga melakukan penyesuaian antara permintaan Puskesmas dan ketersediaan di gudang Farmasi. Sepanjang ada persediaan dan permintaan sesuai kebutuhan, akan tetap dipenuhi. Jikapun dalam perjalanannya ada permintaan mendadak, yang tadinya cukup ternyata kurang, maka kebijakan yang diambil yaitu dengan sistem bon,” tandasnya. (luk)


Tag
div>