RABU , 14 NOVEMBER 2018

Diskominfo Sulsel Siapkan Internet 500Mbps Back Up 58 OPD

Reporter:

Al Amin Malliuri

Editor:

Iskanto

Kamis , 08 November 2018 18:00
Diskominfo Sulsel Siapkan Internet 500Mbps Back Up 58 OPD

Ilutrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Penyediaan akses internet gratis serta penyimpanan data untuk 58 kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov Sulsel, disiapkan olrh Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian.

Diskominfo akan melakukan pembenahan jaringan internet dan penyimpanan data di seluruh kantor OPD agar terciptanya percepatan e-government di lingkup Pemprov Sulsel.

Kepala Bidang e-Goverment dan PDE Dinas Kominfo SP, Lukmanuddin mengatakan pengoperasian internet dan penyimpanan data akan difungsikan di tahun 2019 mendatang. Itu setelah pihaknya mrmasang infrastruktur jaringan fiber optik (FO) di 58 OPD. Nantinya pusat jaringan akan ditempatkan di Kantor Gubernur Sulsel.

“Jadi tahun depan belanja Internet akan disatukan di kami, tidak lagi masing-masing OPD. Ini bisa menghemat anggaran 40 persen,” kata Lukmanudin usai FGD Peranan Teknologi Informasi dalam Membangun Open Goverment, Kamis (8/11).

Untuk memenuhi kebutuhan internet, pihaknya menyiapkan bandwidth sebesar 500 megabit per second (Mbps). Bandwidth ini akan dibagi menjadi dua bagian, 100 Mbps untuk data video seperti akses youtube dan link film, sert 400 Mbps untuk akses website lainnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan melakukan upaya integrasi aplikasi yang ada di Pemprov Sulsel. Karena itu, setiap OPD yang akan membuat aplikasi harus meminta rekomendasi Dinas Kominfo SP.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kominfo SP, Andi Hasdullah menambahkan pemanfaatan aplikasi dalam pemerintahan mendukung pelayanan ke masyarakat. Selain itu, akan menciptakan efektivitas, efisiensi, transparansi dan akuntabilitas dalam pemerintahan.

“Ini susah menjadi bagian dari program 100 hari kerja Pak Gubernur. Kita sudah membuat aplikasi Baruga Pelayanan Masyarakat untuk menerima aduan, keluhan dan aspirasi,” pungkasnya. (*)


div>