KAMIS , 18 OKTOBER 2018

Diskop UMKM Siap Kembangkan Sektor Pariwisata

Reporter:

Editor:

hur

Kamis , 07 April 2016 19:10

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pengelolaan pariwisata berkembang pesat. Setiap destinasi bersolek agar mampu bersaing mendapatkan kue belanja wisata. Daerah-daerah berlomba menawarkan keunggulan potensi wisatanya. Jenis wisata juga terus berkembang, mulai perhotelan, kapal wisata, agrowisata, wisata alam, kuliner dan sebagainya.

Namun, menurut Deputi Kementerian Koperasi dan UKM, Wayan Dipta berpendapat, pengelolaan bisnis wisata ini didominasi swasta baik oleh modal asing maupun investor lokal yang kurang menyentuh kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Adapun koperasi, sebagai salah satu badan hukum Indonesia masih menjadi pemain minoritas dalam bisnis pariwisata,” ungkapnya, Kamis (7/4).

Itu sebabnya, lanjut Wayan, Kementerian Koperasi dan UKM berupaya mendorong keterlibatan koperasi masuk mengelola dan mengembangkan destinasi pariwisata. Tujuannya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemberdayaan pariwisata berbasis komunitas sehingga menyejahterakan anggota koperasi dan masyarakat sekitar.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, Syamsu Alam Ibrahim mengatakan, pihaknya akan mulai menyosialisasikan upaya tersebut ke daerah yang memiliki destinasi wisata yang sangat baik. Sebut saja, Selayar, Bulukumba, Tana Toraja, Bantaeng, dan Takalar.

“Kita siap. Kita akan sosialisasikan ke daerah yang destinasinya sangat baik untuk difasilitasi bantuan,” tururnya.

Menurutnya, koperasi dapat memfasilitasi sarana yang ada di tempat pariwisata agar lebih menarik. Oleh sebab itu, kata dia, Kementerian Koperasi memiliki program agar lokasi destinasi pariwisata bisa ditata dengan baik.

Artinya, lanjut Syamsu, UKM dan pedagang yang berada di lokasi tersebut memiliki sarana yang dampaknya bisa membuat orang nyaman berpariwisata.

“Misal, mau minuman dingin, ada di situ, minuman hangat, ada di situ. Semuanya tersedia,” katanya.


div>