SABTU , 18 AGUSTUS 2018

Disnak Gowa Jamin Kebutuhan  Hewan Qurban Aman

Reporter:

Editor:

Arif Saeni

Selasa , 24 Juli 2018 15:13
Disnak Gowa Jamin Kebutuhan  Hewan Qurban Aman

int

GOWA,  RAKYATSULSEL. COM——Menjelang hari raya Idul Adha 1439 Hijriah, kebutuhan hewan ternak seperti sapi, kerbau dan kambing meningkat tajam di Kabupaten Gowa. Guna memenuhi kebutuhan insidentil itu, pihak Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Gowa melakukan langkah antisipatif.
“Kita sudah melakukan survey ketersediaan hewan qurban sekitar 5000 ekor, tetapi mungkin harganya sedikit lebih mahal dari tahun sebelumnya karena untuk sapi jantan agak susah diperoleh.  Jadi mungkin harganya agak naik sedikit. Kan lebih banyak sapi betina dari jantan,” ujar Kadis Peternakan Gowa, Hj Suhriati  di ruang kerjanya, Selasa (24/7/2108).
 Soal kualitas hewan qurbannya menurut Suhriati sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan oleh petugas Disnak Gowa.
“Untuk jaminan kesehatannya kita juga sudah lakukan berbagai upaya. Jadi sebelum dipotong dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan. Kemudian setelah dipotong kita periksa bagian dalam untuk melihat penyakit yang ada, apa tidak terjangkit pada hatinya, jadi kita lakukan pemeriksaan sebelum dipotong namanya antemorten dan setelah dipotong namanya postmorten,” jelasnya. (***)

Tag
div>