RABU , 14 NOVEMBER 2018

Disnaker Gowa Adakan Job Fair, Diharap 2000 Kunjungan Perhari

Reporter:

Editor:

Arif Saeni

Selasa , 23 Oktober 2018 08:30
Disnaker Gowa Adakan Job Fair, Diharap 2000 Kunjungan Perhari

int

GOWA, RAKYATSULSEL. COM—– Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gowa, akan mengadakan bursa kerja atau job fair yang diikuti kurang lebih 60 perusahaan. Kegiatan ini direncanakan 12 s/d 14 November, di Istana Tamalate Jalan KH Wahid Hasyim, Sungguminasa.

“Kami berharap kegiatan ini akan dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi pencari kerja di daerah ini,” ujar Kadisnaker, H. Salehuddin, Selasa 23/10.

Dari data yang ada, dari jumlah penduduk tahun 2017, terdapat 333.179 jiwa angkatan kerja, dan hanya 214.028 jiwa yang bekerja. Selebihnya, 20.453 jiwa adalah mereka yang sementara masih mencari pekerjaan.

Lebih jauh menurut H. Salehuddin, pengangguran yang terjadi bukan hanya disebabkan, tidak seimbangnya jumlah pencari kerja dan lowongan kerja yang ada, tapi juga disebabkan kurangnya kompetensi yang dimiliki pencari kerja, sehingga mereka tidak mampu bersaing dan memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan-perusahaan yang ada.

Untuk mengatasi itu, lanjut Kadisnaker, pihaknya telah melakukan berbagai upaya dalam bentuk kerja sama dengan perusahaan dan pelatihan kewirausahaan.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Job Fair, A. Jasnuddin Karaka, mengatakan, tujuan dari kegiatan yakni memfasilitasi para pencari kerja di Kabupaten Gowa, untuk menemukan pekerjaan sesuai dengan minat dan lowongan yang tersedia.

Selain itu, katanya, memfasilitasi perusahaan-perusahaan baik skala lokal maupun nasional, untuk dapat merekrut tenaga kerja sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

Lanjut Jasnuddin Karaka, pelaksanaan job fair diharapkan dapat dikunjungi 2000 orang pencari kerja perhari, yang terdiri dari alumni SMU sederajat, D1-D3 sederajat, S1, atau alumni SD-SMP untuk calon TKI perkebunan di Malaysia. (***)


Tag
div>