SABTU , 16 DESEMBER 2017

Disnaker Klaim Pengangguran Berkurang

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Kamis , 30 November 2017 12:52
Disnaker Klaim Pengangguran Berkurang

ilustrasi

* Pertengahan Desember Kembali Gelar Job Fair

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar mengklaim jumlah pengangguran di Kota Makassar hanya berkisar 7.325 orang. Jumlah tersebut turun sebesar 435 orang dibanding tahun 2016 lalu yang jumlahnya mencapai 7.760 orang.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar, Irwan Bangsawan, menuturkan menurunnya jumlah pengangguran karena pihaknya bersama instansi terkait terus melakukan upaya-upaya yang dapat menekan jumlah pengangguran.

“Salah satu upaya kita menekan jumlah pengangguran di Kota Makassar dengan melakukan job fair karena dalam sekali menyelenggarakan job fair jumlah tenaga kerja yang terserap sebesar 2.000-an,” kata Irwan Bangsawan, Rabu (29/11) kemarin.

Lanjut Irwan, untuk mengurangi pengangguran pihaknya bakal kembali melakukan Job Fair pada pertengahan Desember mendatang di Panakkukang. Pihaknya menggandeng 100 perusahaan nasional dan internasional yang siap merekrut pencari kerja.

Ia mengatakan, tingginya jumlah pengangguran di Kota Makassar selama ini karena Makassar merupakan salah satu poros kota di Indonesia bagian Timur.

“Kenapa di Makassar banyak pengangguran tahun lalu? Karena Makassar ini ibu kota Provinsi, otomatis Kota Makassar memiliki daya tarik tersendiri di Provinsi Sulsel,” kata Irwan.

Sementara itu, Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kota Makassar, Andi Rahmat Mappatoba mengatakan, job fair merupakan program tahunan yang rutin digelar Disnaker Kota Makassar.

Selain membantu pencari kerja menemukan pekerjaan yang diinginkan, job fair juga berhasil mengurangi angka pengangguran yang ada di Kota Makassar.

Berdasarkan data yang dimiliki Disnaker Kota Makassar di Januari sampai November tahun 2016, pencari kerja dan pengangguran sebanyak 7.760 orang. Sementara data 2017 dari Januari-November pencari kerja dan pengangguran 7.325 orang. (*)


div>