RABU , 12 DESEMBER 2018

Disnaker Makassar Buka Posko Pengaduan THR

Reporter:

get_the_user_login

Editor:

asharabdullah

Jumat , 16 Juni 2017 21:14
Disnaker Makassar Buka Posko Pengaduan THR

Ilustrasi posko pengaduan THR. Foto:rmol.co

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Makassar membuka posko pengaduan lebaran untuk menerima keluhan PNS maupun karyawan swasta yang tidak menerima tunjangan hari raya (THR) dari kantor tempatnya bekerja.

“Posko pengaduan ini namanya pengaduan ketenagakerjaan khusus THR yang kita buka di kantor Disnaker Jalan Pettarani No72. Tetapi biasanya rata rata laporan masuk H-7 lebaran. Laporan itu akan diteruskan ke perusahaan yang terkait dalam rangka pembinaan,” ungkap Kepala Disnaker Makassar Irwan Bangsawan, Jumat (16/6).

Posko itu, lanjut Irwan, hanya buka pada jam kerja. Laporan dari warga itu akan diteliti kemudian ditembuskan ke kantor yang bersangkutan. Mengenai aturan THR, kata dia, itu diatur dalam peraturan menteri dalam negeri (Permendagri) nomor 20 tahun 2016. Selain itu, juga ada surat edaran wali kota tentang pembayaran THR keagamaan.

“Aturannnya, kalau satu tahun mereka bekerja, itu sudah dapat THR satu bulan gaji. Kalau dia dibawah satu tahun, maka perkaliannya jumlah bulan dia bekerja dibagi 12 dibagi upah pokok. Yang jelas kita warning perusahaan-perusahaan untuk membayarkan THR karyawannya,” tegasnya.

Irwan menambahkan, untuk perusahaan yang melanggar aturan terancam dikenakan sanksi administratif berupa pencabutan izin usaha.


div>