MINGGU , 27 MEI 2018

Disodorkan Nama Anies dan Gatot, Ini Reaksi Presiden PKS

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 14 April 2018 09:00
Disodorkan Nama Anies dan Gatot, Ini Reaksi Presiden PKS

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Presiden PKS Sohibul Iman saat berdiskusi. (JawaPos.com)

JAKARTA, RAKYATSULSEL.COM – Nama mantan panglima TNI Gatot Nurmantyo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan semakin menguat di bursa cawapres di pilpres 2019 mendatang. Kedua nama itu pun digadang-gadang layak mendampingi Prabowo Subianto.

Menanggapi hal itu, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman mengatakan, sebagai partai yang tengah terus menjajaki koalisi dengan partai Gerindra, pihaknya mengaku telah mengajukan sembilan nama cawapres kepada Prabowo.

Meski demikian, Sohibul pun tidak menampik bahwa ada kemungkinan untuk adanya nama lain yang diusulkan sebagai cawapres pendamping Prabowo. Namun, harus melalui mekanisme yang diatur melalui internal partai yakni majelis Syuro.

“Di PKS yang bisa menentukan cawapres atau capres adalah majelis Syuro, sampai hari ini majelis Syuro baru menetapkan 9 nama itu. Tapi kalau ada nama lain diluar sembilan nama itu harus ada proses majelis syuro,” kata Sohibul.

Lebih lanjut, Sohibul pun mengaku partai yang dikomandoinya itu memang memiliki kedekatan dengan Anies Baswedan. Meski demikian, proses pengusungan nama calon yang diusung oleh PKS haruslah melalui mekanisme yang berlaku.

“Tetap, tetap, sedekat apapun, proses formal partai politik di PKS harus lewat Majelis Syuro,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah mengusulkan sembilan yang dinilai layak dipertimbangkan di Pilpres 2019 mendatang. Mereka adalah Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid, mantan Presiden PKS Anis Matta.

Selain itu, Gubernur Sumatera Barat RI Irwan Prayitno, Presiden PKS M Sohibul Iman, Ketua Majelis Syuro Salim Segar Al-jufri, mantan Menkominfo Tifatul Sembiring, Ketua DPP PKS Al Muzammil Yusuf, dan Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera.

(aim/JPC)


div>