KAMIS , 13 DESEMBER 2018

Disoroti Lakukan Mutasi, Sumarsono: Pengamat Belum Pernah Memimpin Daerah

Reporter:

Editor:

Lukman

Rabu , 01 Agustus 2018 13:30
Disoroti Lakukan Mutasi, Sumarsono: Pengamat Belum Pernah Memimpin Daerah

Dirjen Otda Kementerian Dalam Negeri, Soni Sunarsono.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Senin lalu, Pj Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono kembali melakukan mutasi jabatan untuk eselon III dan IV. Hanya saja ia mendapatkan sorotan dari pengamat pemerintahan terhadap tindakannya tersebut. Ia dinilai melanggar etika kepemerintaha, bahkan dinilai memiliki kepentingan lain dalam mutasi tersbut.

Menjawab hal itu, Sumarsono mengatakan bahwa tidak ada yang salah selama dirinya melakukan mutasi dan melantik eselon III dan IV. Bahkan ia mengaku berdasarkan pengalamannya sebagai Dirjen Otonomi Daerah di Kementerian Dalam Negeri membuatnya dewasa dalam menentukan kebijakan. Ia justru menuding pengamat tersebut belum merasakan bagaimana sebenarnya menjadi kepala daerah dengan sejumlah kebijakan yang ada.

“Tidak ada yang salah, saya itu Dirjen Otda Pembina Dalam Negeri, dan itu sudah menjadi hasil pembicaraan dengan NA (Nurdin Abdullah). Kalau pengamat mengatakan itu, wajar karena ia belum pernah merasakan bagaimana memimpin sebuah daerah,” kata Sumarsono.

Sumarsono juga mengaku dirinya dalam melakukan kebijakan sangat paham terhadap situasi kepemerintahan, termasuk etika sebagai Pj Gubernur dan kewenangannya.

“Tidak ada yang salah karena Pj gubernur memiliki kewenangan penuh selama koordinasi etika dengan gubernur terpilih. Sebagai seorang dirjen senior saya tahu apa yang harus saya lakukan. Bahkan NA mengaku tidak boleh ada kekosongan yang menyebabkan kinerja menurun,” lanjut Sumarsono. (*)


div>