RABU , 12 DESEMBER 2018

Disparbud Pangkep Akan Jadikan Arajang Segeri sebagai Kampung Bissu

Reporter:

Atho

Editor:

asharabdullah

Rabu , 04 Juli 2018 12:48
Disparbud Pangkep Akan Jadikan Arajang Segeri sebagai Kampung Bissu

Former program U dani Ri Bissu, Dasriana (dua kanan), bersama Bissu Pangkep, saat mensosialisasikan rencana Pemanfaatan Arajang (Istana) Segeri, menjadi Kampung Bissu, beberapa waktu lalu.

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Pangkep akan menyulap Kawasan Arajang (Rumah Kerajaan) di Kecamatan Segeri, sebagai kampung budaya Bissu. Rencana tersebut diutarakan Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pariwisata Pangkep, Dasrian yang ditemui, Rabu (04/07).

Upaya menjadikan Arajang Segeri sebagai kampung Bissu dinilai sebagai ajang promosi efektif untuk mendongkrak minat kepariwisataan, khususnya esksistensi Bissu di Sulawesi Selatan.

“Ini tujuan jangka pendek, melalui proyek perubahan Udani Ri Bissu. Yang nantinya seluruh wisatawan lokal dan mancanegara akan semakin mudah mengakses Budaya Bissu ini, tentu berdampak pada peningkatan kesejahteraan para Bissu” ujar Dasriana.

Nantinya Pemerintah akan menyiapkan sejumlah fasilitas di kawasan kampung budaya Bissu tersebut, termasuk tempat ritual, museum, workhsop serta rumah bagi para bissu.

“jika selama ini Bissu kurang mendapat perhatian, maka dengan program ini eksistensi Bissu kembali kita hadirkan, kita lestarikan, termasuk kita dorong kembali ke kancah internasional,” tambah Dasriana.

Dalam waktu dekat sendiri, sejumlah kegiatan telah disusu oleh pihak Dinas Pariwisata, untuk mengikutkan Bissu ke dalam event budaya nasional,

“Tahun depan kita upayakan masyarakat luas sudah bisa menikmati Bissu ini, termasuk target perampungan untuk kampung budaya bissu di Segeri nanti”, tutup Dasriana.

Bissu sendiri dikenala sebagai makhluk yang memiliki peran penting dalam ritual adat Bugis, di mana mereka dipercaya menjadi perantara antara manusia dan dewa. Dalam masyarakat Bugis masa lalu, Bissu sendiri memiliki posisi penting dalam sebuah kerajaan, termasuk hidup di lingkungan kerajaan dan di tempatkan sebagai penasehat raja. (*)


div>