JUMAT , 17 AGUSTUS 2018

Disperindag Ancam “Sikat” Barcode Cafe

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Selasa , 20 Februari 2018 12:45
Disperindag Ancam “Sikat” Barcode Cafe

Kepala Disperindag Kota Makassar, A. Muh.Yasir (int)

* Segera Koordinasi dengan Satpol PP

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Makassar bakal bakal menindak tegas Barcode Cafe yang beroperasi tanpa izin. Barcode melakukan aktivitas laiknya Tempat Hiburan Malam (THM) padahal izin yang dimiliki hanya izin Cafe dan Resto.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Andi Muh Yasir mengatakan pihaknya memastikan akan menindak tegas usaha yang melanggar dengan membuatkan rekomendasi penindakan kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Makassar.

“Barcode itu yang kita tahu izinnya berakhir dan kalau PTSP tidak memperpanjang izinya kita akan tindak tegas, kita akan koordinasi dengan Satpol PP, itu barang mudah bukan barang sulit,” tegas Andi Muh Yasir, Senin (19/2) kemarin.

Lanjut Yasir, pihaknya tidak akan memandang siapapun oknum yang membekengi usaha yang melanggar. “Saya tidak mengenal mereka, kalau melanggar kita sikat, buatkan rekomendasi penertiban dan penegak perda (Satpol PP) eksekusi,” ungkap Andi Muh Yasir.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM PTSP), Andi Bukhti Jufri mengatakan, pihaknya belum mengeluarkan izin hiburan kepada Barcode. Pasalnya lokasi mereka melanggar regulasi. Bahkan izin minuman beralkohol tidak diperpanjang.

“Menyangkut izin, kita tidak perpanjang karena diminta Bar tapi tidak sesuai aturan, izinnya itu Cafe Resto, silahkan kalau ada Bar itu yang harus dihentikan,” ucap Andi Bukhti Jufri.

Ia mengatakan bahwa kewenangan pemberian surat penindakan ke Satpol PP itu pihak Dinas Perdagangan karena terkait pengawasan Izin Situ Siup Usaha yang ada di Makassar.

“Kalau hiburan bukan saya. Tapi Dinas Perdagangan terkait SITU SIUP, ijin usaha yang tidak memiliki izin usaha itu pengawasannya ada di Diperindag bidang pengawasan,” Jelas Andi Bukti Jufrie

Ia menambahkan bahwa tanpa adanya surat rekomendasi dari PTSP, Disperindag melalui Bidang Pengawasan sudah harus menindaklanjuti usaha yang tidak memiliki izin. (*)


div>