MINGGU , 21 OKTOBER 2018

Distribusi Surat Suara Pilgub Sudah 70 Persen

Reporter:

Suryadi - Iskanto - Fahrullah

Editor:

asharabdullah

Rabu , 20 Juni 2018 10:06
Distribusi Surat Suara Pilgub Sudah 70 Persen

Dok. RakyatSulsel

*Tujuh Daerah Mengalami Kekurangan Surat Suara

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Tujuh hari jelang pencoblosan pemilihan gubernur, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel mengaku telah melakukan 70 persen pendistribusian surat suara ke KPU kabupaten Kota.

Saat ini kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) tengah merampungkan kotak suara di TPS masing-masing wilayah, dan surat suara yang sementara disebar dari KPU Sulsel ke KPU Kabupaten/Kota akan diteruskan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kepala Sub Bagian Logistik dan Umum KPU Sulsel, Anwar M Tahir mengungkapkan, pendistribusian logistik berupa surat suara dan tinta saat ini sementara berjalan.

Bahkan sebagian surat suara telah diperiksa oleh KPU kabupaten/kota bersama KPPS. “Sudah dikirim sejak beberapa waktu lalu. KPU memprioritaskan menyebar logistik tersebut ke sejumlah wilayah yang aksesnya sulit dijangkau lewat kendaraan bermotor. Apalagi juga daerah terpencil,” ungkap Anwar M Tahir, Selasa (19/6).

Anwar mengakui, meski belum 100 persen, logistik dikirim ke daerah. Namun, ia menuturkan distribusi logistik sudah mencapai 70 persen.

“Sudah 70 persen logistik kami lakukan. Kalau di Pulau saat ini sudah jalan,” ungkapnya.

Komisioner KPU Sulsel, Divisi Perencanaan, Keuangan dan Logistik Syarifuddin Jurdi mengkatakan, untuk surat suara sudah terdistribusi dan sudah disortir, serta pelipatan di KPU kabupaten/kota.

“Logistik surat suara, hampir rampung di semua Kabupaten kota,” katanya.

Di berbagai daerah-daerah yang kekurangan karena rusak dan lain-lain, juga sudah dikirimkan kekurangannya.

Ia menuturkan, hanya ada 7 kabupaten yang rusak/cacat/kurang, dan pihak KPU sudah mengirim ke daerah yang kurang tersebut, sebagian masih ada yang menyusul.

“Hanya ada 7 kabupaten yang rusak/cacat surat suara, baik karena rusak, tidak jelas gambar atau tulisan dan lain-lain sudah diatasi dengan menambah jumlah kekurangannya. Insya Allah semua logistik terdistribusi ke semua kabupaten kota sesuai waktu yang tersedia,” tuturnya.

Dia menambahkan, soal logistik surat suara juga. Ada daerah yang menjadi prioritas yakni kepulauan dan daerah berjauhan dari kota provinsi.

“Prioritas utama memang pada tiga kabupaten yakni Pangkep, Selayar dan Luwu Utara serta Tanah Toraja. Daerah-daerah lain juga berjalan bersamaan,” terangnya. (*)

 

Data Distribusi Surat Suara:

Barru
Rusak 8050
Kuota 129.932

Soppeng
Rusak 1.458
Total 179.175.

Sidrap
Rusak 865
Total 219.461

Bone
Rusak 644
Total 546.320

Sinjai
Total 180.680

Parepare
Rusak 6
Total 99.664

Luwu
Total 256.768
Lutim
Total 189.549

Lutra
Rusak
Total

Jeneponto
Rusak 5.682
Total 270.228

Palopo
Rusak 22
Total 106.681


div>