MINGGU , 27 MEI 2018

Rahman Bando Diundang Presentasi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir di Roma

Reporter:

Editor:

RRS

Kamis , 14 Desember 2017 20:13
Rahman Bando Diundang Presentasi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir di Roma

int

Citizen Report

Kadis Perikanan dan Pertanian Kota Makassar  DR Abd Rahman Bando, SP, MSi

Dari Kota Roma,  Italia

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Suatu kebahagiaan dan kesyukuran mendapat kesempatan  diundang salah satu lembaga yang bernaung dibawah PBB yakni Internasional Fund For  Agricultural Develovment (IFAD) di kantor pusat Roma, Italia mewakili Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mempresentasikan program pemberdayaan masyarakat pesisir yang disupport IFAD dihadapan para petinggi IFAD.

Pertemuan  dipimpin  oleh Mr Paul Winters (Wakil Presiden IFAD), Mr Ron Hartman (Country Director Asia And Pasifik IFAD) dan perwakilan IFAD dari Amerika Tengah,  Amerika Selatan, India,  Asia Pasifik,  Asia Selatan,  dan Afrika.

Pertemuan ini dihadiri langsung  Duta Besar Indonesia untuk Italia Esti Andayani yang sekaligus memberikan sambutan mewakili Pemerintah RI.

Kota Makassar diundang khusus karena dinilai oleh IFAD berhasil melaksanakan program pemberdayaan masyarakat khususnya mansyarakat pesisir dan pulau sehingga model dan strategi yang diterapkan di Makassar ingin didengarkan langsung. Sekaligus  untuk bisa direplikasi atau diterapkan di negara –negara  berkembang lainnya yang didanai oleh IFAD.

Pertemuan ini sekaligus juga menjadi evaluasi akhir dari pelaksanaan program Coastal Community Development Project (CCDP-IFAD) selama lima tahun di Indonesia. Dimana secara umum program ini dinilai sangat berhasil dalam mengangkat derajat ekonomi masyarakat penerima program pada khususnya dan masyarakat pesisir dan pulau pada umumnya

Diakhir pertemuan,  penulis berkesempatan menyerahkan cenderamata  berupa miniatur Phinisi. Perahu yang sudah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh PBB   ini diberikan kepada Pimpinan IFAD diterima Mr  Ron Hartman dan kepada  Duta Besar Indonesia Untuk Italia Esti Andayani. (*)


Tag
div>