JUMAT , 21 SEPTEMBER 2018

Diusung Koalisi Rakyat, Elektabilitas Ichsan YL-Cakka Terus Naik

Reporter:

Editor:

Ridwan Lallo

Kamis , 29 Maret 2018 17:06
Diusung Koalisi Rakyat, Elektabilitas Ichsan YL-Cakka Terus Naik

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Trend elektabilitas pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) meningkat signifikan. Hingga memasuki masa kampanye Pilgub Sulsel, sedikitnya tiga lembaga survei menempatkan paslon nomor urut empat ini di posisi teratas.

Terkini, lembaga survei Jaringan Suara Indonesia (JSI) dan Celebes Research Centre (CRC) membeberkan data riset terbarunya dalam diskusi politik “Pemimpin Sulsel, Pemimpin Rakyat” yang digelar Komunitas Jurnalis Politik di Warkop Press Corner, Jl Pengayoman Makassar, Kamis (28/3/2018).

Diskusi tersebut melibatkan Direktur Eksekutif JSI, Fajar S Tamin, Manager Riset CRC Andi Wahyudin Abbas, dan pengamat politik Sulsel Andi Luhur Priyanto.

Direktur JSI, Fajar S Tamin, mengungkapkan jika pemilihan gubernur Sulsel dilakukan hari ini, maka pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL Cakka) yang bakal memenangkan pertarungan.

Elektabilitas empat paslon pada survei per Februari 2018, jelas Fajar, menempatkan pasangan IYL-Cakka di posisi teratas disusul Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (NA-ASS), Nurdin Halid-Azis Kahar Mudzakkar (NH-Azis), dan Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo (Agus-TBL).

“Masih ada sekira 12 persen pemilih yang menyatakan rahasia dan yang belum menjawab sekira 3,5 persen,” ujar Fajar S. Tamin.

Manager Riset CRC, Wahyuddin Abbas, dalam diskusi tersebut mengimbau paslon untuk mengeksplor program terbaiknya falam memaksimalkan masa kampanye Pilgub. Terutama dalam meraih simpatik pemilih yang belum menentukan pilihannya.

Isu infrastuktur, lapangan kerja dan pemenuhan kebutuhan pokok, disebutkan Wahyuddin, masih menjadi isu utama yang penting digali  para paslon dalam menjawab harapan rakyat.

Sebelumnya, dua lembaga survei nasional yakni Sinergi Data Indonesia (SDI) dan ISS (Indo Strategi dan Survei) menempatkan pasangan IYL-Cakka di posisi teratas, disusul NH-Azis, NA-ASS dan Agus-TBL.

Sinergi Data Indonesia SDI pada survei yang digelar 14-20 Februari 2018 menemukan elektabilitas pasangan IYL-Cakka sekira 27.50 persen disusul paslon NH-Azis 24,80 persen,  NA-ASS 21,20 persen dan paslon AAN-TBL 8,9. Pemilih yang belum menjawab dan atau rahasia berkisar  17,60 persen.

Temuan hampir sama terungkap dalam riset Indo Strategi dan Survei pada 19-24 Februari 2018. ISS menempatkan IYL-Cakka di posisi wahid dengan elektabilitas sekira  24,3 persen, NH-Azis 20,1 persen,  NA-ASS sekira 18 persen serta  AAN-TBL sekira 9.8 persen. Sementara pemilih yang masih rahasia berkisar 24,8 persen.

Hasil survei per Februari 2018 sekaligus memunculkan pergeseran pilihan pemilih yang dinamis. Sebelumnya, Indobarometer pada survei November sempat diunggah di media sosial oleh salah satu paslon. Survei ini secara berurut menempatkan NA di posisi teratas, disusul IYL, NH, dan Agus. (*)


div>