SABTU , 16 DESEMBER 2017

Doktor Pertama Manajemen Pendidikan Islam di Umi

Reporter:

Editor:

Nunu

Senin , 27 November 2017 02:13
Doktor Pertama Manajemen Pendidikan Islam di Umi

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Setelah menempuh pendidikan selama hampir tiga tahun, akhirnya Minggu (29/10), Kakanwil Kemenag Provinsi Sulsel Drs. H. Abd. Wahid Thahir, M.Ag, sukses mempertahankan desertasinya di hadapan para promotor dan tim pengujinya di Kampus Pasca Sarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.Kakanwil Kemenag Sulsel ini dalam ujian tutup (Promovendus) sukses memaparkan desertasinya yang berjudul “Pengaruh Sumber Daya Pendidikan Terhadap Peningkatan Prestasi Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Sulawesi Selatan”.

Fokus penelitiannya dikhususkan di lima Madrasah Aliyah yang ada di Sulsel. Sebagai sampel yaitu Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Dan 2 Kota Makassar, MAN 2 Kota Pare Pare, MAN 1 Kota Palopo dan MAN 1 Kabupaten Bulukumba.

Dalam promovendus tersebut, Kakanwil Kemenag Sulsel ini berhadapan dengan tim penguji yang terdiri dari para guru besar yang ternama di Sulsel diantaranya Prof. DR. H. Azhar Arsyad, MA (Mantan Rektor UIN Alauddin Makassar), Prof. DR. H. Baharuddin Semmaila, Prof. DR. Saharuddin Usman, M.Pd, Prof. DR. H. Muh. Arif Halim, MA, serta Tim Promotor yang terdiri dari Prof. DR. H. Basri Modding, SE, MS, Prof. DR. H. Mappanganro, MA dan DR. H. Andi Bunyamin, M.Pd.H Abd Wahid Thahir yang juga Ketua Tanfidz PCNU Kota Makassar ini memaparkan bahwa tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji apakah manajemen standar isi dan standar proses, manajemen pendidik dan tenaga kependidikan, manajemen sarana dan prasarana, serta manajemen pembiayaan pendidikan berpengaruh terhadap prestasi siswa Madrasah Aliyah Negeri yang ada di Sulsel.

Wahid Thahir juga berharap penelitiannya ini akan mampu mendeskripsikan pengaruh Manajemen Sumberdaya Pendidikan yang nantinya akan diterapkan pada Madrasah atau sekolah yang mempunyai tipologi sama atau mirip dengan Madrasah sehingga endingnya bisa meningkatkan prestasi siswanya.

Dengan suksesnya beliau menjalani ujian tutup desertasi doktornya (Primovendus) maka selangkah lagi (yaitu Promosi Doktor) Kakanwil Kemenag Provinsi Sulsel ini akan menyandang gelar Doktor di Prodi Manajemen Pendidikan Islam untuk Pertama Kalinya di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

Promosi Doktor Kakanwil juga dihadiri langsung Sekjen Kemenag RI Prof Dr H Nur Syam, MA dan seluruh pejabat eselon di jajaran Kemenag Sulsel. Seperti para kepala bidang, kepala kantor kemenag kab/kota se Sulsel, para kasubag dan kepala seksi, sejumlah kepala madrasah dan kepala KUA serta kolega beliau di sejumlah lembaga pemerintahan, organisasi keagamaan, akademisi dan politisi.(*)


div>