SABTU , 21 APRIL 2018

Dolar Loyo, Rupiah Bisa Lanjutkan Penguatan

Reporter:

Editor:

Ridwan Lallo

Selasa , 27 Maret 2018 08:36
Dolar Loyo, Rupiah Bisa Lanjutkan Penguatan

int

RAKYATSULSEL.COM– Pergerakan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) yang sudah mulai membaik, diharapkan dapat membuka peluang kenaikan kembali seiring masih adanya sentimen dari pelemahan dolar Paman Sam.

“Harapan akan pelemahan dapat lebih terbatas telah tercapai dan kenaikan ini kembali diuji ketahanannya untuk membuat kenaikan lebih lanjut,” kata analis PT Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Selasa (27/3).

Reza menjelaskan, di tengah adanya anggapan ekonomi Indonesia akan turun drastis di tahun-tahun mendatang dan bahkan akan terjadinya pertumbuhan negatif di tahun 2018 ini, tidak membuat laju rupiah kembali melemah.

“Meski secara tren membuka pelemahan namun, rupiah berhasil berbalik naik,” tuturnya. 

Pergerakan rupiah, kata Reza, memanfaatkan pelemahan USD terhadap JPY setelah merespon masih adanya kekhawatiran terjadinya perang dagang AS-Tiongkok.

Bersamaan dengan itu, masih adanya sentimen skandal keuangan yang melibatkan PM Abe telah membuat JPY melonjak. “Rupiah pun akhirnya memanfaatkan kondisi tersebut untuk berbalik naik,” imbuhnya.

“Meski demikian, tetap cermati dan waspada terhadap sentimen yang membuat laju Rupiah kembali menahan kenaikannya. Rupiah diestimasikan akan bergerak dengan kisaran pada kisaran batas bawah (support) 13.743 dan batas atas (resisten) 13.723,” tandasnya. (JPC)


Tag
  • #kurs rupiah
  •  
    div>