RABU , 14 NOVEMBER 2018

Dompet Dhuafa Latih Relawan Tangani Korban Gawat Darurat

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Jumat , 31 Maret 2017 12:11
Dompet Dhuafa Latih Relawan Tangani Korban Gawat Darurat

Relawan Dompet Dhuafa Pangkep saat mengikuti pelatihan hidup dasar dalam menangani korban gawat darurat di Gedung TK Negeri Pembina Pangkep, Kamis (30/3). foto: atho tola/rakyatsulsel.

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Dompet Dhuafa Sulsel dan Layanan Kesehatan Cuma-cuma menggelar Pelatihan Bantuan Hidup Dasar untuk para relawan atau Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) wilayah Pangkep di Gedung TK Negeri Pembina Pangkep, Kamis (30/3).

Kegiatan pelatihan ini diikuti 36 relawan dengan profesi berbeda mulai dari guru, pengusaha, pegawai, tenaga medis, hingga mahasiswa.

Divisi Program Kesehatan dan Kebencanaan Dompet Dhuafa Sulsel, Nasrullah, menuturkan, pelatihan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat dan kemampuan dalam penanganan awal terhadap korban bencana atau peristiwa, termasuk tekhnik penanganan henti jantung

“Agar para relawan memiliki pengetahuan yang memadai dan mampu memberikan bantuan hidup dasar untuk kemudian disampaikan kembali ke teman, keluarga, dan lingkungannya terutama saat menolong orang lain yang terkena bencana,” tutur Nasrullah.

“Keadaan gawat darurat dapat terjadi karena ulah manusia dan alam, seperti bencana alam, kebakaran, kecelakaan lalu lintas, dan kecelakaan kerja. Kondisi kegawatdaruratan dapat terjadi dimana dan kapan saja. Apabila, kondisi tersebut terjadi, maka sudah menjadi tugas kita untuk membantu mereka dan bukan hanya petugas medis saja,” tambahnya.

Melalui rangkaian program tersebut, diharapkan para relawan yang sudah diberikan penyuluhan, edukasi, dan pelatihan dapat mempraktekkan tindakan awal yang bisa mereka berikan saat menemukan korban henti jantung sebelum mengantarkan korban ke fasilitas kesehatan terdekat. (***)

 


div>