SENIN , 17 DESEMBER 2018

Dosen dan Karyawan UMI Dilatih Berdakwah

Reporter:

doelbeckz

Editor:

Rabu , 21 Desember 2016 10:36
Dosen dan Karyawan UMI Dilatih Berdakwah

Kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makaassar. ist

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar melalui Lembaga Pengembangan Dakwah dan Kampus Islami (LPDKI) UMI menyelenggarakan Pelatihan Dai/Da’iah bagi Ketua Jurusan/Ketua Program Studi lingkup UMI, Selasa (20/12).

Wakil Rektor IV UMI, KH M Zein Irwanto, mengatakan, kegiatan yang diikuti dosen dan karyawan UMI dilatih berdakwah untuk mengemban misi UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah.

“Diibaratkan manusia, UMI memiliki nafas pendidikan dan nafas dakwah, sehingga dosen selain memberi kuliah dan mendidik mahasiswa juga diharapkan dapat mengemban misi dakwah dalam menjalankan aktifitas akademiknya,” ujar Zein diberitakan Rakyat Sulsel, Rabu (21/12).

Dikatakan, berdakwah minimal dimulai dari diri sendiri, kemudian berdakwah lewat keluarga besar UMI. Menurutnya, memberi ilmu kepada orang lain merupakan bagian dari dakwah, karena itu setiap dosen UMI diminta memulai kuliah dengan doa bersama. “Karena berdoa adalah bagian dari ibadah,” ungkapnya.

Dosen diharapkan kerjasama dengan dosen Mata Kuliah Agama untuk menyukseskan program hafal al-Qur’an juz 30 bagi mahasiswa UMI.

“Dosen agama dan dosen UMI diharapkan bersinerji dalam melaksanakan dakwah di kampus UMI, misalnya dengan menegur mahasiswa yang panjang rambutnya,” harapanya.

Sementara, Ketua LPDKI UMI, Dr M Ishaq Shamad, menyatakan, peserta kegiatan ini adalah utusan dari fakultas dalam lingkup UMI. “Mereka adalah dosen UMI yang memiliki amanah sebagai Ketua Jurusan/Ketua Program Studi,” tuturnya. (***)


Tag
  • UMI Makassar
  •  
    div>