MINGGU , 27 MEI 2018

Dosen di Indonesia Timur Belajar Penulisan Jurnal Internasional

Reporter:

Irsal

Editor:

Ridwan Lallo

Sabtu , 05 Mei 2018 18:29
Dosen di Indonesia Timur Belajar Penulisan Jurnal Internasional

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Publikasi ilmiah dalam jurnal internasional menjadi kebutuhan insan akademik, pasalnya hal itu sejalan dengan tridharma perguruan tinggi baguan penelitian.

Hal itu pula yang mendorong 93 Community menggelar Workshop Penulisan Jurnal Internasional yang berlangsung di Kenari Tower Hotel Makassar, Sabtu (5/5).

Workshop yang digelar selama 2 hari ini diikuti puluhan dosen dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia bagian timur.

Dalam kesempatan itu, 93 Comunity menghadirkan pembicara dari Malaysia, Ahmad Zaharuddin Sani Ahmad Sabri.

Ketua panitia, Badaruddin mengatakan, workshop ini dilakukan untuk membantu dan memberikan solusi bagi para dosen agar penelitiannya bisa dimuat dalam jurnal internasional.

“Ini solusi untuk teman-teman dosen agar bisa mempublikasikan penelitiannya,” bebernya.

Sementara Ahmad Zaharuddin sani Ahmad Sabri, dalam pemaparannya membagikan tips-tipsnya kepada peserta agar penelitian yang dilakukan bisa masuk jurnal internasional.

Menurutnya, penelitian bisa dimuat dalam jurnal internasional, para peneliti harus memunculkan ilmu baru. “Harus ada ilmu pengetahuan baru,” bebenya.

Dia melanjutkan, karena dengan ilmu pengetahuan baru itulah para peneliti memiliki citation. Di mana citation ini bisa menjadi modal utama bagi penelitian untuk mendapat pembaca.

“Setalah ada ilmu pengetahuan baru, perlu legitimasi keilmuan. Nah itu bisa terjadi kalau banyak orang yang mengutip (Citation) pendapatnya,” tutupnya. (*)


Tag
  • 93 Community
  •  
    div>