SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Dosen Magister Unismuh Peroleh Hibah Penelitian Tim Pascasarjana

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Jumat , 21 Juli 2017 14:24
Dosen Magister Unismuh Peroleh Hibah Penelitian Tim Pascasarjana

Penandatanganan kontrak hibah penelitian antara Ketua LP3M Unismuh Makassar Dr Ir Abubakar Idhan MP dengan KPS Magister Administrasi Publik Pascasarjana Unismuh Makassar Dr Abdul Mahsyar MSi di Kampus Unismuh Makassar. foto: ist for rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Magister Ilmu Administrasi Publik Unismuh Makassar berhasil meloloskan tiga judul penelitian pada skim Penelitian Tim Pascasarjana (PTP). Penelitian yang pendatangan kontraknya dilaksanakan, Kamis (13/7) lalu, merupakan bagian dari 71 judul penelitian didanai Kemenristekdikti yang diperoleh Unismuh Makassar.

Dari tiga judul penelitian tersebut masing-masing diketuai Dr Abdul Mahsyar MSi dengan judul penelitian ‘Model Jaringan Antar Organisasi dalam Koordinasi Penanggulangan Kemacetan Lalulintas di Kota Makassar’.
Penelitian ini dibiayai untuk tahun kedua dari tiga tahun pelaksanaan.

Kemudian Prof Dr Syafiuddin MSi meneliti tentang ‘Model Peningkatan Kemampuan dan Penguatan Kelembagaan Rumah Tangga Miskin Pedesaan dalam Perspektif Pembangunan Sosial Lokal Partisipatoris’. Penelitian ini sudah tahun ketiga.

Serta Dr Lukman Hakim MSi yang meneliti ‘Pengembangan Kebijakan Lelang Jabatan Pemerintah Daerah Kota Makassar’. Penelitian ini tahun pertama dari tiga tahun yang direncanakan.

Masing-masing judul penelitian dilaksanakan tim peneliti yang beranggotakan dosen pascasarjana dan mahasiswa magister administrasi publik sebanyak 4-6 orang setiap judul.

Ketua Program Studi Magister Administrasi Publik (MAP) Unismuh Makassar, Dr Abdul Mahsyar MSi, yang tahun ini juga berhasil meloloskan satu judul penelitian hibah fundamental mengatakan, dosen-dosen magister administrasi publik unismuh makassar sejak tahun 2011 sampai hari ini proposal penelitian hibah pascasarjana yang diusulkan selalu diterima dan dibiayai Kemeristekdikti.

Hingga saat ini terdapat sepuluh dosen magister administrasi publik sudah terlibat dalam kegiatan penelitian baik sebagai ketua maupun anggota tim peneliti, dan juga melibatkan mahasiswa pascasarjana sebanyak 26 orang, 20 orang diantaranya sudah menyelesaikan studi dan sisanya dalam proses penelitian untuk penulisan tesis.

“Salah satu tujuan dari penelitian tim pascasarjana adalah melibatkan mahasiswa untuk dapat melakukan penelitian secara benar dan menghasilkan tesis yang bermutu sesuai standar kualifikasi ilmiah yg ada dan selanjutnya dari tesis tersebut dibuat artikel untuk diterbitkan pada jurnal ilmiah terakreditasi, juga untuk percepatan penyelesaian studi mahasiswa, dan bagi dosen peneliti diharapkan menerbitkan artikelnya pada jurnal internasional bereputasi dan luaran tambahan lainnya adalah menulis dan menerbitkan buku ajar.,” jelasnya. (***)

 


div>