SELASA , 23 OKTOBER 2018

Dosen Universitas Madinah Beri Kultum di Kampus UMI

Reporter:

Editor:

Ridwan Lallo

Rabu , 10 Oktober 2018 14:38
Dosen Universitas Madinah Beri Kultum di Kampus UMI

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dosen Universitas Madinah Arab Saudi, Syekh Fahd Abdurrahman Al-Musa membawakan Kultum di Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI (10/10/18).

Hadir dalam kesempatan itu Wakil Rektor 3 UMI Prof Laode Husein, sejumlah pimpinan UMI dan ratusan jemaah. Adapun Tema kultum yang dibahas tentang Sabar.

Syekh Fahd Abdurrahman Al-Musa menyatakan, sabar merupakan ajaran Islam. Para Nabi diberikan kesabaran, misalnya Nabi Ibrahim a.s dibakar, namun ia diberikan kesabaran, sehingga ia selamat dari api.

“Demikian pula Nabi Musa a.s dan Nabi Yusuf juga diuji dengan kesabaran. Bahkan Nabi Muhammad SAWjuga banyak diberikan kesabaran dalam menjalankan dakwah Islam,” ujarnya.

Menurutnya, sabar itu terdiri dari 3 tingkatan. Pertama, sabar dari musibah. “Misalnya mereka yang mendapatkan musibah gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala. Kedua, sabar melakukan kebaikan, misalnya melaksanakan salat dan mendengarkan taushiyah. Jika anda tidak sabar, maka pasti akan meninggalkan kultum ini,” jelasnya.

Yang ketiga, kata dia, sabar dalam meninggalkan maksiat. “Hal ketiga ini, sangat susah bagi sebagian orang, karena banyak cobaan dalam hidup,” kuncinya.

Ketua LPDKI UMI Dr M Ishaq Shamad, menyatakan terima kasih atas kesediaan Syekh Fahd Abdurrahman Musa atas kesediaannya membawakan Kultum dihadapan civitas akademika UMI.

“Ini merupakan kehormatan bagi jamaah masjid Kampus 2 UMI. Semoga ke depan, dapat dihadirkan sejumlah tokoh Islam untuk memberikan taushiyah di Masjid Kampus 2 UMI ini,” harapnya. (*)


div>