SELASA , 25 SEPTEMBER 2018

DPP IMMIM Bahas Nilai Islam Dalam Budaya

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Minggu , 30 September 2012 11:57

MAKASSAR-Nilai-nilai Islam yang teralkulturasi dalam budaya Bugis Makassar adalah nilai-nilai yang telah menjadi kearifan. Di mana nilai tersebut tidak bersinggungan dengan agama Islam, seperti petuah nenek moyang atau budaya setempat yang terbangun secara alamiah dalam suatu komunitas masyarakat.

Inilah yang menjadi salah satu tema pembicaraan dalam diskusi akhir bulan yang digelar oleh DPP IMMIM. Diskusi yang dilaksanakan secara reguler itu menghadirkan, Prof Dr H Ambo Asse MA, Dr H Mustamin Arsyad MA yang dipandu oleh Fuad Rumi, di gedung Islamic Center IMMIM

Sabtu (29/9) kemarin.

Diskusi yang berjalan selama tiga jam tersebut, dihadiri oleh puluhan peserta, Ambo Asse dalam pemaparan makalahnya menilai adanya transformasi nilai Islam dalam budaya. “Budaya lokal tidak mesti ditinggalkan, sebab tentu banyak budaya lokal yang memilki kesamamaan dengan ajaran Islam,” terangya.

Sementara Mustamin Arsyad mengetengahkan bahwa dalam pembauran Islam dan budaya tentu tak melupakan peran penting tradisi masyarakat dalam mengelola kehidupannya. “Seringkali, budaya lokal dianggap sesuatu yang sudah ketinggalan di abad sekarang ini,” ungkapnya.

Dari kegiatan tersebut, diharapakan agar umat Islam lebih memaknai lagi makna kehidupan yang hadir yang bersandingan dengan nilai agama. “Semoga kegiatan ini memberikan pemahaman baru bagi  ummat Islam,” ungkap Drs HM Abbas, salah satu panitia diskusi. (RS11/her/C)


Tag
div>