SELASA , 13 NOVEMBER 2018

DPPA Sulsel Terima Laporan Hasil Program P2K3 Parepare

Reporter:

Al Amin

Editor:

Iskanto

Selasa , 25 September 2018 16:59
DPPA Sulsel Terima Laporan Hasil Program P2K3 Parepare

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Keluarga merupakan bagian stragis di dalam pengembangan sumber daya manusia. Karenanya dibutuhkan peran anggota keluarga dalam membangun inovasi terstruktur melalui komunikasi.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dituntut untuk lebih memperhatikan pembangunan kualitas keluarga dengan melakukan suatu inovasi pada program dan kegiatan yang berbasis keluarga. Program Peningkatan Peran Keluarga Menuju Ketahanan dan Kesejahteraan (P2K3) pun hadir, menjawab tantangan inovasi tersebut.

Program ini menitiberatkan pada pelaksana desa dan kabupaten sebagai daerah otonomi. Dimana dari 24 indikator  yang terdapat dalam P2K3 terdapat indikator hak sipil dan kebebasan yang terkait dengan akte kelahiran anak, tumbuh kembang anak dan pendidikan anak.

Sebelumnya masing-masing Kabupaten/Kota telah mengirimkan profil 100 rumah dengan klasifikasi keluarga kurang tahan untuk kemudian dilakukan pembinaan atau intervensi agar terlihat perubahan atas kondisi keluarga yang sebelumnya kurang tahan dapat meningkat menjadi keluarga cukup tahan atau keluarga tahan.

Seperti yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak kota Parepare, telah menyerahkan hasil laporan P2K3 ke Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Provinsi Sulsel. Laporan itu diantar langsung oleh Kepala Seksi Kualitas dan Ketahanan Keluarga, Andi Rahmawati, S.Sos didampingi Kepala Seksi Kesetaraan Jender DPPA Kota Parepare Sutriani, S.Sos.

Plt Kepala Dinas DPPA Sulsel, Askari mengatakan kegiatan ini menjadi aktifis rutin di dinasnya. Kata dia, telah banyak Kabuoaten dan kota telah memasukkan laporannya.

“Untuk Kota Parepare sudah disetor kemarin, selanjutnya kami akan masukkan datanya,” kata Askari, kemarin.

Selanjutnya kata Askari proses penetapan data itu diproses dan dinilai per Kabupaten dan kota. Ia pun berharap agar seluruh kabupaten dan kota untuk senantiasa mengarahkan program dan kegiatannya secara tepat sasaran di tingkat desa agar masyarakat dapat merasakan langsung dampak positif dari adanya kegiatan ini.

Kegiatan ini dinilai sangat bermanfaat bagi pembangunan keluarga terutama di tingkat desa. Karena melalui intervensi secara terpadu oleh seluruh pemangku kepentingan baik lembaga pemerintah maupun non pemerintah dalam hal ini keluarga. (*)


Tag
div>