SABTU , 22 SEPTEMBER 2018

DPPPA Sulsel Minta Orang Tua Tingkatkan Pengawasan

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 20 Maret 2017 17:31
DPPPA Sulsel Minta Orang Tua Tingkatkan Pengawasan

Ilustrasi. foto: net

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Provinsi Sulsel berharap agar orang tua bisa mengajarkan anak sejak dini untuk membekali dirinya agar tidak sembarangan dalam bergaul, kemudian memprotek anak untuk mengenali dirinya.

“Dalam artian, hal-hal yang kecil misalnya dilarang buka baju di depan umum, jangan berbicara dengan orang asing. Selain itu, ajak mereka untuk melakukan aktivitas bersama setelah pulang sekolah,” ungkap Meisy Papayungan, Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Anak DPPPA Sulsel, Senin (20/3).

Diketahui, pasca terbongkarnya, “Official Candy’s Group” dimana dalam grup tersebut terdapat konten negatif, DPPPA Provinsi Sulsel meminta para orang tua memperketat pengawasan, terhadap lingkungan anak termasuk pergaulan mereka.

Menurutnya, orang tua bisa mengajak anak melakukan aktivitas setelah dari sekolah, dengan mengobrol bersama menanyakan apa saja yang dilakukan selama seharian.

“Tanpa disadari oleh anak, mereka akan bercerita, ajak anak lebih terbuka lagi, sehingga ketika anak mendapat perlakuan yang tidak pantas segera diadukan,” ujarnya.

Mengenai, terbongkarnya grup-grup di Facebook dimana kontennya tidak pantas dan ada eksploitasi terhadap anak, Meisy menyebutkan, hal tersebut adalah aksi kriminal atau cyber crime dan ini menjadi ranah kepolisian agar segera membongkar grup yang serupa dan berharap pengawasan juga dilakukan Dinas Komunikasi dan Informasi.

“Kami hanya dapat memfasilitasi dan memberikan edukasi, agar orang tua memberikan pemahaman pada anak, menjaga diri agar tidak menjadi korban pelecahan seksual dan sebagainya,”paparnya

+++
Menurutnya, para pelaku pedofil yang disebut pecinta anak-anak harus diwaspadai, karena bukan mereka yang masih single saja, tapi terkadang mereka yang sudah berkeluarga melakukan hal tersebut.

“Makanya orang tua harus mewaspadai lingkungan anak-anak ketika mereka bermain” terangnya. (***)


div>