SELASA , 21 AGUSTUS 2018

DPRD Bulukumba Warning Netralitas Pejabat di Pilakdes Serentak

Reporter:

Editor:

hur

Senin , 04 April 2016 17:37

BULUKUMBA, RAKYATSULSEL.COM – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Bulukumba, akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 38 desa di Bulukumba 28 April ini. Namun, jelang pesta demokrasi ditingkat desa tersebut, DPRD Bulukumba mengingatkan kepada pejabat untuk bersikap netral di Pilkades, termasuk penjabat kepala desa.

“Saya minta penjabat kepala desa Swatani netral di Pilkades Swatani. Kenapa, salah seorang calon kepala desa di desa Swatani adalah ponakan dari penjabat kepala desa,” kata anggota Komisi A DPRD Bulukumba, Abd Kaab (F-Nasdem), Senin (4/4).

“Ini memang penting (netral) di Pilkades. Di desa Mattoangin (kecamatan Kajang), juga seperti itu. Suaminya adalah penjabat kepala desa, istrinya salah seorang calon kepala desa,” ujar ketua Komisi A DPRD Bulukumba, Hilmiyati Azib (F-Hanura), dalam rapat dengar pendapat dengan jajaran BPMPD Bulukumba digedung DPRD Bulukumba.

Netralitas pejabat dan penjabat kepala desa di Pilkades, disambut baik kepala BPMPD Bulukumba, HA Kurniyadi SH. “Kami setuju netralitas penjabat kepala desa di Pilkades. Bupati akan segera mengeluarkan surat edaran. Termasuk, larangan menggunakan fasilitas negara di Pilkades,” terang HA Kurniyadi, dalam rapat dengar pendapat tersebut.

Pilkades serentak di 38 desa akan berlangsung akhir bulan ini. Sesuai dengan Peraturan Bupati Bulukumba tentang pencalonan kepala desa, calon kepala desa maksimal hanya 5 orang disetiap desa. Karenanya, netralitas pejabat dan penjabat kepala desa, menjadi penting agar ketentuan maksimal hanya 5 orang calon bisa dijalankan dengan baik.


div>