MINGGU , 18 NOVEMBER 2018

DPRD Gorontalo Kagum Inovasi Disdukcapil Makassar

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Jumat , 24 Maret 2017 11:22
DPRD Gorontalo Kagum Inovasi Disdukcapil Makassar

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar, Nielma Palamba.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Rombongan anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo menyambangi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar, Kamis (23/3).

Kedatangan rombongan DPRD Gorontalo tersebut merupakan rangkaian kunjungan kerjanya guna mempelajari berbagai inovasi pelayanan publik yang diterapkan Disdukcapil Kota Makassar.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Makassar, Nielma Palamba, yang menerima langsung rombongan tersebut mengatakan, bahwa untuk meningkatkan kepuasan dan kenyamanan dalam pelayanan publik tentu harus dibarengi dengan konsep yang matang.

“Dengan adanya konsep pelayanan yang matang itulah, maka akan lahir inovasi-inovasi demi mencapai sistem pelayanan yang maksimal. Sesuai slogan Disdukcapil ‘Inovasi Tiada Henti’,” kata Nielma diberitakan Rakyat Sulsle, Jumat (24/3).

Nielma pada kesempatan itu juga membeberkan sejumlah inovasi yang telah diterapkan di instansi tersebut, mulai dari program Kupas Tas yakni pelayanan khusus bagi penyandang disabilitas, tunarungu, tunanetra, dan kusta.

Pihaknya juga melayani seluruh produk kependudukan. Pelayanan yang dikembangkan itu bekerja sama dengan beberapa lembaga, seperti Yayasan BAKTI, Unicef, Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni), Himpunan Wanita Disabilitas (HWI), dan seluruh stakeholder yang ada.

“Khusus untuk penerbitan dokumen kependudukan, kami memiliki sistem yang selalu update berdasarkan komponen data masyarakat yang bersangkutan. Semua produk kita karena sekarang harus by name, by NIK, dan by address,” beber Nielma di hadapan rombongan DPRD Gorontalo.

[NEXT-RASUL]

Sementara, Ketua Komisi I DPRD Gorontalo, Firman F Soengis, mengaku, salut dan kagum atas prestasi dan penerapan inovasi di instansi yang menangani urusan kependudukan di Makassar.

“Apa yang kami lihat dan pelajari di sini akan kami implementasikan juga di OPD Lingkup Pemprov Gorontalo, khususnya mengenai penerapan inovasi pada pelayanannya,” ujarnya. (***)


div>