RABU , 22 AGUSTUS 2018

DPRD Maros Minta Gedung Tani Makmur Dialihkan ke Pemkab

Reporter:

Editor:

hur

Senin , 18 April 2016 11:38

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maros, meminta agar pengelolaan Gedung Tani Makmur yang merupakan aset Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Holtilkultura Sulsel diserahkan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros. Alasannya, kondisi bangunan yang berada di Jalan AP Pettarani Maros tersebut tidak terawat lagi.

Menanggapi hal itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Holtilkultura Sulsel, Fitriani, menyatakan gedung tersebut sudah direncanakan pihaknya untuk dijadikan Alsintan (Alat dan Mesin Pertanian) Centre tahun ini.

“Ini tahun sudah dibuatkan gambaran. Kita mau buat Alsintan Centre, sisa mau direnovasi. Kalau gambar sudah selesai, kita akan lelang,” ungkapnya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Minggu (17/4).

Sayangnya, ia tidak mengetahui persis terkait jumlah anggaran yang dikucurkan untuk renovasi gedung tersebut. Dikatakannya, pembangunan ini dikerjasamakan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Balai Benih Tanaman Pangan.

“Belum saya lihat buku anggarannya, tapi perencanaannya sudah selesai,” katanya.

Ia menyebutkan, pihaknya telah memiliki ribuan Alsintan yang tersebar di Sulsel. Nantinya, para petani akan dilatih di Alsintan Centre untuk mengoprasionalkan Alsintan.

“Bengkel-bengkel Alsintan yang ada di kabupaten harus dilatih bagaimana menentukan prototipe Alsintan, desainnya bagaimana yang dilatih oleh Perindag, maka dibuat modifikasi sesuai fungsinya. Alsintan kita kan sudah mulai dari olah tanah, menanam, hingga panen,” ujar Fitriani

Sebelumnya, Ketua DPRD Maros, AS Chaidir Syam mengatakan sebaiknya gedung tani makmur itu bisa diperbaiki. Pasalnya, sudah bertahun- tahun tidak pernah ada perbaikan.

Sebab, pasca terbakar, gedung yang tadinya digunakan sebagai penyimpanan hasil pertanian, benih, dan pupuk ini pun cukup mengganggu tatanan kota Maros.


Tag
div>