MINGGU , 21 JANUARI 2018

DPRD Matra Buat Pansus Khusus Sengketa Lahan

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Senin , 19 Januari 2015 16:59

PASANGKAYU, RAKYATSULSEL.COM – DPRD kabupaten Mamuju Utara (Matra) tanpaknya serius ingin segera menyelesaikan konflik lahan.

Terbukti dalam waktu dekat DPRD Matra akan membentuk panitia khusus (Pansus) soal konflik lahan yang kerap terjadi antara warga dengan pihak perusahaan perkebunan sawit.

Menurut ketua DPRD Matra H Lukman Said, dalam waktu dekat DPRD akan segera membentuk pansus untuk menginventarisasi sejumlah sengketa lahan yang berdampak konflik sosial, bahkan ini tidak bisa dianggap enteng oleh perusahaan, pasalnya, dirinya sudah melakukan konsolidasi dengan sejumlah NGO di Jakarta yang memang khusus bergerak disektor ke agrariaan.

Kata legislator asal PDIP Matra ini, pihaknya dan NGO yang ditunjuk sudah melakukan pertemuan nasional dan sepakat melakukan pressur (menekan) Presiden RI, Joko Widodo, untuk turun tangan ikut menyelesaikan konflik lahan yang terjadi di Matra akhir-akhir ini.

Langkah politik tersebut menurutnya sangat manjur untuk segera menyelesaikan kasus konflik yang masih belum terselesaikan dan kedua
skenario itu ia optimis kasus ini tidak stagnan lagi seperti  sebelumnya.

“Saya dan beberapa NGO telah mendiskusikan formula penyelesaian konflik lahan ini, semua data-data konflik di wilayah kita sudah saya perlihatkan,” kata Lukman akhir pekan kemarin (18/1/2015).

Tidak hanya sampai disitu, keseriusan menyelesaikan sejumlah kasus konflik lahan di Matra tidak sekedar isapan jempol belaka atau hanya
bahasa politik tetapi dia dan beberapa perwakilan NGO telah menjadwalkan menemui sekretaris kabinet (Seskab) Andi Widjajanto agar dapat memfasilitasi pertemuan penting itu dengan presiden RI.


Tag
  • DPRD Matra
  •  
    div>