MINGGU , 18 NOVEMBER 2018

DPRD Serahkan Pokok-pokok Pikiran ke Pemkot

Reporter:

Editor:

dedi

Jumat , 03 Maret 2017 19:12
DPRD Serahkan Pokok-pokok Pikiran ke Pemkot

int

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Parepare, menggelar Rapat Paripurna, dengan agenda Penandatangan Keputusan DPRD dan Berita Acara Tentang Pokok-pokok Pikiran DPRD Kota Parepare. Rapat dilaksanakan di Ruang Paripurna DPRD Parepare, Jum’at (3/3).

Rapat diikuti sejumlah Kepala Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) dalam lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, Dandim 1405/Mlts Letkol Inf. Sarifuddin Sara, Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Parepare AKBP Pria Budi.

Sementara, Wali Kota Parepare diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Parepare, Andi Rusia.

Wakil Ketua DPRD Parepare, Rahmat Sjam, mengatakan, pokok-pokok pikiran DPRD merupakan rangkuman dari hasil reses, yang telah dilaksanakan oleh Anggota DPRD pada Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing, berupa aspirasi dari masyarakat.

Sehingga, kata dia, aspirasi tersebut harus disampaikan kepada Pemkot, untuk ditindaklanjuti.”Mekanisme yang diatur ditetapkan dalam Paripurna, berdasarkan Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 Pasal 107 Ayat 2, masuknya saat penyusunan rencana awal dan rencaka kerja daerah pada tahun 2018. Jika Pemkot akan menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), maka harus melihat pokok-pokok pikiran DPRD,” katanya.

Rahmat yang juga Legislator Partai Demokrat tersebut, menjelaskan, tidak semua pokok-pokok pikiran DPRD mesti dilaksanakan. Karena, katanya, terlebih dahulu harus melihat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemkot Parepare tahun 2013-2018.

“Jangan sampai ada usulan-usulan yang tidak sesuai, bisa saja ditolak. Karena Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Parepare tetap mengacu RPJMD. Begitu pula, dalam menyusun RKPD yang mengacu pada RPJMD. Sehingga, usulan yang ada, hanya mempercepat capaian atau target Pemkot dalam mewujudkan visi misi Kepala Daerah,” paparnya.

Sementara, Sekretaris Komisi II DPRD Parepare, Muh. Yusuf Nonci, mengatakan, beberapa bidang yang menjadi skala prioritas dalam pokok-pokok pikiran tersebut di antaranya, ekonomi kerakyatan, pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan kebutuhan masyarakat kepada air.

“Kami berharap, pemerintah memikirkan program-program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Apalagi, itu merupakan masukan masyarakat dari hasil reses, yang tentunya sangat diharapkan untuk diwujudkan,” tandasnya.


div>