KAMIS , 20 SEPTEMBER 2018

DPRD Sulbar Menolak Hasil Seleksi Calon Anggota KIP

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Rabu , 21 Januari 2015 12:14

MAMUJU, RAKYATSULSEL.COM – Hasil rapat Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Barat (Sulbar) yang digelar Selasa (20/1), memutuskan menolak hasil seleksi calon anggota Komisi Informasi Publik (KIP) yang disodorkan Pemerintah Provinsi Sulbar.

Komisi I menolak melanjutkan tahap fit and proper tes (uji kelayakan dan kepatutan) kepada 12 nama peserta seleksi yang dihasilkan Panitia Seleksi (Pansel) bentukan Pemerintah Provinsi (pemprov) Sulbar tersebut.

Sebelumnya, Pansel telah melakukan serangkain tahap seleksi terhadap sejumlah peserta. Hasil seleksi tersebut, menyisakan 12 nama yang sedianya akan menjalani fit and proper tes di komisi I DPRD Sulbar.

Namun Komisi I DPRD Sulbar Dalam rapat yang digelar hari ini memutuskan menolak dan meminta kepada pemprov Sulbar untuk mengulang proses tahapan seleksi dari awal.

Hal tersebut dilakukan menyusul hasil konsultasi Komisi I ke KIP pusat yang menyebutkan bahwa tahapan seleksi yang dilakukan Pansel melanggar prosedur.

Hal tersebut dsampaikan oleh Sekertaris Komisi I DPRD Sulbar, Sukri Umar yang ditemui di kantor DPRD Sulbar usai menggelar rapat. Sukri mengatakan, dengan tegas Komisi I minta pemprov mengulang tahapan seleksi KIP.

“Kita kembali ke nol lagi. Maksudnya produk Timsel dari seleksi itu dianggap tidak ada. Itu hasil rapat komisi I. Kita minta pemprov melakukan seleksi ulang,” tegas Sukri.

Menurut Sukri, seluruh tahapan yang dilakukan timsel, salah dan tidak sesuai dengan undang-undang yang mengatur perekrutan calon anggota KIP. Sehingga, Kata Sukri hasil seleksi tersebut, berpotensi digugat karna menyalaihi aturan.

“Kami tidak mau bola mati di kami. Jadi kami mengembalikan ke Gubernur untuk di ulang termasuk tiga orang anggota timsel yang sudah terbentuk untuk tidak di pergunakan lagi sebagai timsel berikutnya,” kata Sukri.


Tag
  • kip sulbar
  •  
    div>