SELASA , 13 NOVEMBER 2018

DPRD Sulsel Nilai Pemkab Gowa Berhasil Ajak Warga Bayar Pajak

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Selasa , 14 Maret 2017 12:50
DPRD Sulsel Nilai Pemkab Gowa Berhasil Ajak Warga Bayar Pajak

Anggota DPRD Sulsel, Usman Lonta. foto: net

GOWA, RAKYATSULSEL.COM – Anggota DPRD Sulsel, Usman Lonta, sangat mengapresiasi dan memuji kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa di bawah nakhoda Bupati Adnan Purichta Ichsan YL karena warga atas ketaatannya dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

“Dari segi budaya, sejak dulu sampai sekarang orang Gowa selalu taat pada pemerintahnya. Ini terbukti dengan tingginya kesadaran warga Gowa dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Pada tahun 2016 lalu target PKB Gowa mencapai 100 persen,” ungkapnya, saat menjadi pemateri dalam Sosialisasi Pajak Daerah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendapatan Wilayah Gowa Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulsel di Gedung Adi Jaya, Sungguminasa, Senin (13/3).

Selain itu, Usman sangat mengapresiasi juga dengana adanya aplikasi Sistem Pajak Daerah (Sipada) Bapenda Sulsel yang dapat mengecek jumlah tagihan wajib pajak secara online.

“Kehadiran sipada merupakan proses tranparansi karena wajib pajak dapat mengetahui jumlah tagihannya sebelum ke Samsat,” ujarnya.

Diketahui, pada tahun 2016 lalu, pencapaian PKB UPTB Gowa mencapai Rp62,6 miliar atau sekira 101,67 persen dari target yang ditetapkan semula. Pada tahun 2017 ini, target PKB Bapenda Sulsel mencapai Rp1 triliun lebih. Untuk mencapai target tersebut bapenda aktif melakukan sosialisasi pajak di 24 kabupaten/kota di Sulsel.

Sebelumnya, Kepala Bapenda Sulsel, H Tautoto TR, juga menjadi pemateri dalam acara tersebut.

Mantan Plt Bupati Toraja Utara ini, mengatakan, Bapenda Sulsel telah melakukan banyak terobosan untuk memanjakan wajib pajak di Kabupaten Gowa dengan menghadirkan gerai samsat yang tersebar di sejumlah kecamatan sehingga tidak ada lagi alasan bagi untuk tidak membayar pajak.

[NEXT-RASUL]

“Untuk memanjakan wajib pajak Kabupaten Gowa, kami membuka Gerai Samsat Bajeng di Kantor Camat Bajeng, Gerai Bontomarannu di Jl Poros Malino, Gerai Pallangga di Kantor Camat Pallangga, Gerai Pattalassang di Kantor Lurah Pattalassang, dan Samsat keliling di Jl Poros Panciro. Jadi tidak ada lagi alasan jauh dari Kantor Samsat,” ujarnya.

Tautoto menambahkan, Samsat juga mempunyai layanan samsat delivery, pelayanan e-Samsat di Bank Sulselbar, info pajak via SMS dan Twitter, penagihan door to door, dan lain-lainnya. Semua layanan tersebut dibuat agar dapat lebih dekat dengan wajib pajak. (***)


div>