SENIN , 18 DESEMBER 2017

Drama Perjuangan Sultan Hasanuddin Bakal Meriahkan HUT TNI di Makorem 142 Tatag

Reporter:

Editor:

niar

Rabu , 04 Oktober 2017 09:00
Drama Perjuangan Sultan Hasanuddin Bakal Meriahkan HUT TNI di Makorem 142 Tatag

int

MAMUJU, RAKSUL.COM- Upacara HUT TNI ke-72 Tingkat Korem 142/Tatag akan di gelar di Makorem 142/Tatag Kelurahan Rangas Kec. Simboro Kab. Mamuju yang akan dihadiri Gubernur dan unsur forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta komponen masyarakat lainnya.

Saat upacara HUT TNI nanti akan di meriahkan dengan drama perjuangan Sultan Hasanuddin melawan VOC dengan judul “Saat Ujung Badik Mallombasi mengusir VOC” yang diperankan para Prajurit dan ASN Makorem 142 serta pelajar wilayah Mamuju.

Sebelum Sultan Hasanuddin menjadi Raja Gowa, kerajaan gowa sudah bersahabat dengan Maluku, Ternate, Bima, Ambon dan beberapa kerajaan kecil lain, daerah ini diperebutkan oleh Belanda, Portugis, Inggris dan spanyol karena rempah rempahnya.

I mallombasi daeng mattawang dinobatkan menjadi raja gowa ke-16 dengan gelar sultan hasanuddin pada bulan November 1653 menggantikan ayahnya Sultan Malikussaid pada saat beliau berusia 22 Tahun. Kemudian menikahi I Bate daeng tommi atau I lo’mo tombong karaeng pabineang dan menjadi permaisurinya.

Sultan Hasanuddin beserta tentaranya berlayar ke buton. Pada perang itu sultan hasanuddin memenangkan perang. Benteng pertahanan kompeni belanda di buton berhasil di rebut dan 35 orang belanda terbunuh dalam peperangan ini.

Setelah sultan hasanuddin mundur dari benteng sombaopu dan akhirnya perang telah di nyatakan selesai dengan kekalahan sultan hasanuddin. Sultan hasanuddin sudah bersumpah tidak akan sudi bekerja sama dengan penjajah belanda dan pada tanggal 29 Juni 1669 sultan hasanuddin meletakkan Jabatan sebagai raja gowa ke-16.

Demikian sepintas sejarah perjuangan sultan hasanuddin yang di kemas dalam sosio drama dalam rangka HUT TNI ke-72 yang akan di gelar Makorem 142/Tatag saat upacara puncak HUT TNI di Makorem 142 pada Hari kamis (5/10). Sosio drama ini di bawah asuhan Danrem 142/Tatag Kolonel Inf. Taufiq Shobri

(Penrem 142/Tatag)


Tag
div>