SENIN , 18 JUNI 2018

Dua Jam, Charity And A Tribute To Iwan Tompo Kumpulkan Rp145 Juta

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Sabtu , 29 September 2012 12:55
Dua Jam, Charity And A Tribute To Iwan Tompo Kumpulkan Rp145 Juta

Gubernur Syahrul Yasin Limpo didampingi anak kandung Iwan Tompo, Iswan Tompo ikut menyumbangkan lagu di acara malam amal di Ballroom Wisma Kalla, malam tadi.

Gubernur Syahrul Yasin Limpo didampingi anak kandung Iwan Tompo, Iswan Tompo ikut menyumbangkan lagu di acara malam amal di Ballroom Wisma Kalla, malam tadi.

ALUNAN tembang-tembang daerah Bugis-Makassar karya sang maestro Iwan Tompo tak hentinya menggema di Ballroom Wisma Kalla. Satu per satu artis dan musisi tampil penuh dedikasi di acara Charity and A tribute to Iwan Tompo, malam tadi. Tidak ketinggalan dua pejabat penting di daerah ini, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin ikut memberikan perhatian. Total sumbangan yang terkumpul selama dua jam, sebesar Rp145 juta.

Malam dana ini khusus dipersembahkan untuk sang maestro Iwan Tompo, seniman Sulsel yang saat ini masih terbaring sakit. Masyarakat Sulsel pasti mengetahui sosok Iwan Tompo. Tencetak sekitar 50 album lagu dan juga menciptakan sekitar 600 lagu.Saat ini beliau terbaring sakit menderita penyakit jantung dan gula.

Acara malam tadi dimeriahkan artis Kontes Dangdut Indonesia (KDI) Inha KDI,Viera KDI,dan Anggy KDI, penyanyi kondang tahun 90-an seperti Anci Laricci dan Meity Baan, sejumlah artis lokal Makassar seperti Dian Ekawaty, Udihein Leaders, Aty Ridwan, Duo Musel, Rahmy Hatta,Ilyas Syafar, serta dua putra Iwan Tompo Ilham Iwan Tompo beserta Iswan Tompo membuat acara ini ramai bertabur bintang .

Perasaan haru dan senang para keluarga besar dan kerabat Iwan Tompo nampak terlihat ketika sang maestro hadir menyampaikan ungkapan perasaannya dari balik layar lebar yang disediakan panitia. “Terima kasih untuk inisiator acara dan semua yang hadir di acara ini,” ungkap Iwan Tompo penuh haru.

Ilham Arief Sirajuddin yang tidak sempat hadir dalam acara tersebut, menyampaikan pesan morilnya kepada undangan via telepon seluler yang diperdengarkan protokol Edho dan Wandi. Ilham mengapresiasi acara tersebut dan menyumbangkan uang sebesar Rp25 juta.

“Iwan Tompo adalah tokoh budaya yang banyak berjasa untuk Sulsel, walaupun Iwan tidak dekat di fisik tapi beliau dekat di hati masyarakat Sulsel,” tutur Ilham.

Senada dengan Ilham, Gubernur Syahrul Yasin Limpo, juga mengapresiasi acara tersebut. Dalam sambutannya, dia berpesan agar senantiasa menjaga budaya Sulsel melalui karya seni. “Jika tidak ada yang bisa kau sumbangkan untuk negara, maka hadirkanlah rasa senimu,” kata Syahrul mengutip ucapan salah satu Presiden Amerika. Syahrul turut menyumbangkan lagu daerah yang diciptakan Iwan Tompo khusus untuk mengenang almarhum anaknya, Rindra YL.

Tokoh Budaya, Udhin Palisuri yang meramaikan acara dengan puisinya, menilai sosok Iwan adalah seorang pejuang kesenian daerah, dengan karya-karyanya yang menciptakan sekitar 400 lagu Makassar dan 200 lagu Bugis membuat masyarakat bangga akan daerahnya.

“Di Indonesia ini terdiri dari banyak suku bangsa dan kalau setiap suku bangsa memiliki orang-orang kayak iwan tompo maka bangsa ini akan memiliki kecemerlangan budaya,” pungkas Udhin.

Iswan Iwan Tompo yang anak kandung Iwan Tompo, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh sahabat dan peserta yang mensupport ayahnya. Dia berharap ayahnya cepat sembuh dan kembali menghasilkan karya untuk Sulsel. “Kami minta doanya semua, semoga ayah saya dapat sembuh dari sakitnya,” harapnya.

Malam dana Iwan Tompo digagas sekelompok orang yang kemudian membentuk Komunitas Iwan Tompo untuk mengajak pihak lain peduli terhadap sang maestro.Komunitas Iwan Tompo itu diprakarsai Husain Abdullah (Celebes TV), Amir Majid (OSO Grup), Ano Suparno (Trans TV), Dedi Alamsyah (LJI), Irwan Ali (JRN) dan Firdaus Muhammad (Akademisi UIN). Dan, mereka semua tergabung dalam grup BlackBerry Messenger Meja Bundar. (m1/D)

 


Tag
div>