JUMAT , 15 DESEMBER 2017

Dua Kecamatan Siap Terapkan Parkir Online

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Rabu , 08 November 2017 12:21
Dua Kecamatan Siap Terapkan Parkir Online

Direktur Utama PD Parkir Makassar Raya, Muh Irianto Ahmad. foto: ist

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pascapenerapan parkir online di Kecamatan Ujung Pandang sebagai wilayah percontohan, kini Perusahaan Daerah (PD) Parkir akan memperluas penerapan parkir sistem online tersebut di Kecamatan Wajo dan Panakukang.

Direktur Utama (Dirut) PD Parkir Makassar Raya, Irianto Ahmad mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan tiga daerah uji coba penerapan daring parkir atau parkir online, yakni Kecamatan Ujung Pandang, Kecamatan Wajo, dan Kecamatan Panakukkang.

Namun dua dari kecamatan tersebut masih dalam proses survei penerapan parkir online yakni pertama Kecamatan Wajo dan Kecamatan Panakukkang.

“Sekarang yang dilakukan survei di Kecamatan Wajo dan Panakukkang, setelah dilakukan survei dilanjutkan sosialisasi, kemudian dilakukan pelatihan seluruh juru parkir yang ditugaskan nanti untuk bertugas sebagai juru parkir online,” ungkap Irianto Ahmad, Selasa (7/11) kemarin.

Ia mengatakan, selain sosialisasi langsung antara RT setempat, pihak PD Parkir Makassar Raya juga bekerja sama dengan salah satu provider untuk mengirim pesan yang isinya berupa sosialisasi tetang penerapan daring parkir.

“Kami sudah bekerja sama dengan beberapa pihak provider untuk mengirimkan pesan yang berupa sosialisasi, misalnya ketika pengguna parkir masuk di kawasan Kecamatan Wajo, langsung ada masuk pesan di smartphone mereka yang mengatakan bahwa Anda berada di kawasan Parkir Online,” jelas Irianto.

Selain itu, lanjut Irianto, realisasi penerapan daring parkir di Kecamatan Wajo belum bisa dipastikan. Namun, saat ini pihaknya telah melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada para juru parkir.

“Untuk penerapan parkir online di Kecamatan Wajo saya belum bisa memastikan kapan yang pastinya setelah proses sosialisasi dan pembekalan dan pelatihan telah selesai seluruh juru parkir maka parkir online di Kecamatan Wajo segera diterapkan,” ucap Irianto.

Ia menambahkan, penerapan parkir online perlu pengawasan penerapan, olehnya itu juru parkir yang bertugas sedikitnya 34 orang diturunkan untuk memantau seluruh Wilayah parkir.

“Untuk saat ini untuk mengawasi penerapan daring parkir itu petugas dari pihak kami, namun nantinya ini ketika sudah diterapkan di tiga kecamatan ini jukir akan diawasi dengan kamera CCTV,” kata Irianto. (*)


div>