MINGGU , 25 FEBRUARI 2018

Dua Koperasi di Sulsel Diusulkan Jadi Lembaga Pembiayaan UKM

Reporter:

Al Amin

Editor:

Lukman

Sabtu , 03 Februari 2018 07:30
Dua Koperasi di Sulsel Diusulkan Jadi Lembaga Pembiayaan UKM

Malik Faisal

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) Sulsel, mengusulkan dua koperasinya ke Kementerian Koperasi dan UKM untuk didaulat menjadi Lembaga Pembiayaan bagi UKM yang modalnya di bawah 10 juta, atau biasa disebut Ultra Mikro.

“Kami sudah bersurat ke Kementerian Koperasi dan UKM, karena ini ditunjuk langsung karena anggarannya dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN), ” kataKepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, Malik Faisal, Jum’at (2/2).

Jika ini disetujui, lanjut Malik maka akan jadi pertama di Sulsel, sedangkan di Indonesia menjadi daerah ke tiga setelah sebelumnya Jawa Tengah dan Papua.

Menurutnya, dua koperasi ini dipilih selain karena ini baru pertama jumlah ultra mikro di dua daerah tersebut memang banyak ultra mikro dan kesiapan dari koperasi tersebut.

“Kami harap tahun ini sudah bisa berjalan. Nantinya, jika sudah ada penunjukan langsung maka dua koperasi ini akan berhubungan dengan lembaga non bank, yang ditunjuk. Ada tiga, diantaranya PT Pegadaian, dan PT Madani,” jelas Malik. (*)


div>