SELASA , 23 OKTOBER 2018

Dua Pejabat Pemprov Siap PJ Bupati

Reporter:

Al Amin

Editor:

asharabdullah

Kamis , 21 Juni 2018 11:30
Dua Pejabat Pemprov Siap PJ Bupati

Soni Sumarsono. (ist)

* Jufri di Sinjai, Ashari di Bantaeng

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel saat ini tengah menggodok nama yang akan diusulkan sebagai Penjabat (PJ) Bupati di Kabupaten Sinjai dan Kabupaten Bantaeng yang akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah 27 Juni mendatang.

Dua nama yang menguat sebagai penjabat masing-masing adalah Jufri Rahman yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulsel, Jufri Rahman di Kabupaten Sinjai dan Ashari Fakhsirie Radjamilo yang juga Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel.

Terkait hal itu, Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono menjelaskan pihaknya memang tengah menggodok nama-nama yang akan diusulkan pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mengisi posisi penjabat bupati di Bantaeng dan Sinjai.

“Kami akan mengusulkan ke Kemendagri, inikan kewenangan Gubernur, rencananya sehabis lebaran. Dua daerah inikan masih agak lama, sekitar dua bulan lagi,” kata Soni belum lama ini.
Soni juga mengaku dua nama yang sedang menguat saat ini yakni Jufri Rahman dan Ashari Fakhsari Radjamilo masuk dalam pengusulan ke Kemendagri.

“Kami baru mengusulkan termasuk Pak Jufri untuk Sinjai, sedangkan untuk Bantaeng belum dibicarakan karena yang dibutuhkan disana adalah Penjabat,” ungkapnya.

Menurut Soni, Jufri Rahman memiliki pengalaman dan kapasitas untuk memimpin Sinjai selama kekosongan nanti. Begitu juga, kata dia, dengan Ashari Fakhsari Radjamilo yang memiliki latar belakang yang berasal dari Kabupaten Jeneponto.

“Pertimbangan utamanya Kepala BKD ini cukup menguasai wilayah Bantaeng, jadi untuk pemerintahan jangka pendek harus dikelola oleh orang berpengalaman tentunya,” ucapnya.
Namun, Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otoda) Kemendagri mengatakan pihaknya sendiri mengajukan tiga nama yang nantinya diusulkan ke Kemendagri.

Adapun untuk PJ Walikota Palopo akan tetap diberikan kepada Andi Arwien Azis yang tak lain adalah Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Sulsel sebagai Penjabat Wali Kota Palopo. “Untuk Pak Arwien itu ditetapkan sebagai Penjabat (PJ) dengan pertimbangan bahwa sudah dapat diterima oleh masyarakat luas disana,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, selama menjabat sebagai Plt Wali Kota Palopo, kinerja dan kerja dari Andi Arwien cukup memuaskan. “Beberapa faktor ini menjadi alasan penunjukkannya dari Kemendagri. Sehingga Pak Arwien akan menjabat sebagai PJ Wali Kota sampai dengan 20 September dimana Wali Kota baru yang terpilih dilantik,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Bantaeng dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Muhammad Yasin yang juga merupakan Wakil Bupati. Yasin menggantikan posisi Bupati Nurdin Abdullah yang cuti kampanye hingga 23 Juni mendatang. Sementara masa jabatan Nurdin sebagai Bupati di Bantaeng akan berakhir pada 15 Agustus. Sehingga dalam kurung waktu sebulan lebih, posisi bupati akan diisi nama dari Pemprov Sulsel.

Sedangkan untuk Kabupaten Sinjai, saat ini menjabat sebagai Plt Bupati Sinjai adalah A. Fajar Anwar yang juga merupakan Wakil Bupati, mengantikan Bupati non aktif Sabirin Yahya sedang cuti masa kampanye dan berakhir 23 Juni. Sabirin Yahya akan menyelesaikan jabatannya sebagai Bupati Sinjai pada 14 Agustus mendatang, dan setelahnya akan diisi oleh PJ Bupati yang ditunjuk oleh Kemendagri berdasarkan usulan dari Pemprov Sulsel.

Sementara untuk masa jabatan Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Palopo, Andi Arwien Azis juga akan berakhir pada 23 Juni mendatang, setelah Judas Amir menyelesaikan cuti Pilkada yang dilakukannya sejak Februari lalu. (*)


div>